Wejangan Coach Fakhri Husaini Untuk Timnas U-19 : Sepak Bola Hanya Untuk Pejuang Sejati !

AISSEKIYA – Coach Fakhri Husaini memberikan wejangan pada seluruh penggawa Timnas Indonesia U-19 usai “dikerjai” oleh Timnas Thailand U-19 dan Vietnam U-19 pada ajang Piala AFF U-19 2022.

Belum lama ini, publik memang dibuat geram dan digemparkan dengan adanya dugaan praktek “sepak bola gajah” yang dilakukan Timnas Thailand U-19 dan Vietnam U-19.

Dugaan ini muncul usai keduanya bermain imbang dengan skor 1-1 di matchday penentu Grup A Piala AFF U-19, beberapa waktu lalu, Minggu (10/07) malam WIB.

Pada laga itu, keduanya seakan tidak memiliki niat untuk menang. Peristiwa yang dinilai janggal lain adalah keduanya seakan kompak melakukan pergantian pemain dengan lama atau mengulur waktu. Berkali-kali tim medis masuk ke tengah lapangan akibat pemain terlihat mengalami “cedera”.

Baca Juga:  Kandaskan Myanmar, Timnas U-16 Indonesia Melaju ke Final Piala AFF U-16 2022

GAGAL LOLOS

Akibat kejadian ini, Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal melangkah ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022. Meskipun di waktu sama, Timnas Indonesia U-19 sukses membungkam Myanmar dengan skor telak 5-1.

Sebetulnya, Timnas Indonesia U-19, Thailand U-19 dan Vietnam U-19 mempunyai perolehan point sama yaitu 11.

Anak asuh coach Shin Tae-Yong juga lebih baik dari segi produktivitas gol. Akan tetapi apesnya, regulasi “jadul” Piala AFF menyatakan jika Timnas Indonesia U-19 kalah dari segi head to head.

Sehingga Timnas Indonesia U-19 harus puas finish di posisi 3 akibat hanya mampu bermain imbang tanpa gol 0-0 saat berhadapan melawan Thailand U-19 dan Vietnam U-19.

Baca Juga:  Publik Sepakbola Thailand Frustasi, Sudah Gak Ada Tajinya Dihadapan Vietnam Di Segala Level

WEJANGAN

Jelas ini membuat seluruh fans setia Timnas Garuda Muda marah besar di sejumlah sosial media. Sebagian besar menyalahkan regulasi dari AFF dan tindakan tidak “fairplay” pada laga Vietnam U-19 kontra Thailand U-19.

Banyak pihak yang juga turut menyoroti kejadian ini, salah satunya mantan pelatih Timnas, Fakhri Husaini.

Melalui akun Instagram resmi pribadinya, Coach Fakhri berpesan pada seluruh pemain Timnas Indonesia U-19 usai kejadian ini.

Baca Juga:  Tanpa Chanathip, Fans Thailand Jagokan Indonesia Juara Di Piala AFF 2022

Tidak hanya itu, Fakhri Husaini juga tidak lupa untuk memberi apresiasi tinggi pada seluruh penggawa Timnas Indonesia U-19. Karena telah berjuang dan berusaha keras untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas AFF U-19 2022.

“Pelajaran penting malam ini : MENANGKANLAH seluruh pertandingan, supaya nasib tim tidak ditentukan oleh lawan.”

“Terima kasih telah bekerja keras, berjuang dan semangat luar biasa. Tidak perlu terlalu larut dalam kesedihan ini. Hadapi semua dengan elegan! Sebab sepak bola hanya untuk sosok pejuang sejati.”imbuhnya.

close