Timnas Indonesia Agendakan Uji Coba Lawan Afganistan dan Myanmar

  • Bagikan
Timnas Indonesia berencana menjalani dua laga uji coba internasional yaitu melawan Afganistan dan Myanmar pada FIFA Matchday

Timnas Indonesia berencana menjalani dua laga uji coba internasional pada FIFA Matchday November ini. Rencananya Timnas Indonesia senior akan menghadapi Afganistan dan Myanmar.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan PSSI akan memanfaatkan agenda FIFA matchday terakhir di tahun 2022 ini dengan maksimal.

Apalagi pada awal Desember mendatang Timnas Indonesia akan tampil di Piala AFF 2020 yang dijadwalkan berlangsung di Singapura. Indonesia tergabung di grup yang cukup berat bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Sudah begitu, penting bagi Timnas Indonesia untuk memperbaiki rangking FIFA untuk sedikit menguntungkan pada undian babak grup Kualifikasi Piala Asia 2023 Februari 2022 mendatang.

BACA JUGA:  Sah Jadi WNI, Elkan Baggott Bertekad Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

“Iya rencana kami manfaatkan FIFA matchday November ini lawan Afganistan dan Myanmar. Sedang proses detailnya seperti apa,”kata Yunus Nusi.

Meski begitu, dua uji coba internasional nanti tidak akan bisa digulirkan di Indonesia. Protokol kesehatan yang masih ketat tentang kedatangan orang dari luar negeri yang diharuskan karantina minimal 5 hari menjadi kendala utamanya.

Yunus menjelaskan sulit untuk mengundang tim dari luar untuk beruji coba di Indonesia jika masih ada peraturan karantina selama minimal lima hari.

“Rencana uji cobanya di luar. Karena di Indonesia peraturannya masih ada karantina, tim-tim dari luar kebanyakan belum mau jika harus karantina terlebih dahulu,” Yunus Nusi menambahkan.

BACA JUGA:  Resmi Diakuisisi Pangeran Arab, Newcastle United Jadi Klub Sultan

Sementara seperti diketahui, rencananya Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Turki pada akhir November mendatang. Bisa jadi uji coba melawan Afganistan dan Myanmar dilangsungkan d Turki atau negara di sekitarnya.

Saat melakukan TC di Turki nanti tidak hanya tim senior yang akan dibawa. Timnas Indonesia U-18 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 pun akan diboyong untuk melakukan TC di sana.

“Insya Allah November ini Timnas U-18 dan Timnas Indonesia senior TC di Turki. Karena Shin Tae-yong pelatih Timnas U-18 juga, jadi sekaligus membawa dua tim TC di sana,” kata Yunus Nusi.

BACA JUGA:  Kalah Memalukan dari Watford, Manchester United Resmi Pecat Ole Solskjaer

Jika tidak ada hambatan TC dimulai pada 18 November sampai 3 Desember 2021. Selepas TC, rombongan timnas senior akan lanjut ke Singapura untuk mengikuti Piala AFF 2020, sedangkan Timnas Indonesia U-18 kembali ke Indonesia.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong sejatinya pernah menjalani uji coba melawan Afganistan pada Mei lalu jelang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Hasilnya Timnas Indonesia kalah dengan skor 2-3 pada laga yang dimainkan 25 Mei. Dua gol Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Andy Setyo.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close