Tiga Pemain Ini Bisa Gantikan Peran Marselino Ferdinan

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia U-19 mengungkapkan bahwa kondisi Marcelino Ferdinan sedang dalam kondisi yang kurang fit. Dengan begitu, sang kapten skuad Garuda Nusantara tersebut tidak dapat tampil dalam sisa laga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 hanya dapat menahan imbang Timnas Thailand U-19 dengan skor 0-0 dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 yang dilaksanakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekas, pada Rabu (6/7/2022).

Dengan hasil yang kurang memuaskan tersebut, Timnas Indonesia U-19 mendapat kabar yang kurang menyenangkan, itu dikarenakan kapten Timnas Indonesia U-19, Marcelino Ferdinan, mengalami cedera.

Keadaan yang buruk dialami Timnas Indonesia U-19 jelang babak pertama berakhir, karena mereka harus kehilangan pemain andalannya.

Baca Juga:  Bomber Timnas Baru, Ilija Spasojevic Resmi Bergabung ke TC Jelang Piala AFF

Pemain asal Persebaya Surabaya itu mengalami cedera dan harus ditarik keluar lapangan karena salah tumpuan ketika memberikan umpan backheel kepada rekan setimnya.

Marcelino Ferdinan itu terpaksa harus digantikan oleh Muhammad Ferrari. Cedera yang dialaminya itu menmbawa banyak pertanyaan mengenai siapa sosok yang akan menggantikan perannya di Timnas Indonesia U-19.

Seusai menjalani ketiga laga membela Timnas Indonesia U-19, Marcelino Ferdinan mendapatkan posisi sebagai gelandang pengalir serangan.

Dengan kemampuan individunya mengolah bola dan dengan ketenangannya dapat menembus pressing ketat yang diberikan rivalnya. Terlebih dengan akurasi umpan yang mampu mengalirkan ke lini serang Timnas Indonesia U-19 untuk mendobrak pertahanan lawan.

Baca Juga:  Kim Bong Soo Keras Dan Tegas Melatih Kiper Timnas Indonesia Jelang Piala AFF

Mengetahui keadaan tersebut, Shin Tae-yong memiliki beberapa opsi pemain yang dapat diguanakan untuk menggantikan peran Marcelino Ferdinan.

Dimana opsi tersebut bisa digunakan ketika Timnas Indonesia U-19 menjamu Timnas Filipina U-19 pada Jumat (8/7/2022) dan Timnas Myanmar U-19 pada Minggu (10/7/2022).

Ketiga sosok tersebut diantaranya Rafli Asrul, Zanadin Fariz, dan Arkhan Fikri.

Rafli Asrul yang merupakan pemain gelandang PSM Makassar menjadikan dirinya salah satu opsi pengganti Marcelino Ferdinan. Dia menjadi sorotan publik ketika berhasil membawa PSM Makassar lolos babak fase Grup AFC Cup dan menjadi pemuncak grup.

Baca Juga:  Menghitung Peluang Argentina Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Di Babak Pamungkas

Zanadin Fariz merupakan salah satu pemain yang pernah merubah keadaan klub yang dibelanya, Persis Solo. Dirinya dikenal dengan permainan yang tenang dalam membawa bola dan mampu menembus peratahan lawan yang ketat saat menjamu PSS Sleman. Dengan kemampuan tersebut menjadikan dirinya salah satu opsi pengganti Marcelino Ferdinan

Dan yang terakhir, Arkhan Fikri. Mantan pemain Arema FC ini menjadi salah satu pilihan bagi Shin Tae-yong dikarenakan kemampuan menahan bola yang cukup bagus. Terlebih Arkhan Fikri juga menempati posisi yang sama dengan Marcelino Ferdinan, yakni gelandang serang.

close