Tidak Ada Naturalisasi Buat Timnas Indonesia U-16 Menurut Exco PSSI

AISSEKIYA – Hasani Abdulgani, Anggota Komite Eksekutif PSSI (Exco) menyatakan bahwa tidak akan dilakukan program naturalisasi buat Timnas Indonesia U-16. Dimana, saat ini PSSI masih melakukan program naturalisasi pemain yang berketurunan Indonesia di eropa untuk Timnas Indonesia.

Proses naturalisasi yang masih berjalan terdapat tiga nama pemain, takni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama yang sudah ditangani di Kemenkumham. Naturalisasi tersebut masih banyak menuai pro dan kontra, dimana dengan proses itu dikhawatirkan akan mematikan potensi para pemain muda lokal.

Baca Juga:  Media Vietnam Kembali Kritik Fasilitas Tuan Rumah: Tidak Ada Lampu Ditempat Latihan

Mengetahui kritikan tersebut, Hasani Abdulgani menyatakan bahwa proses naturalisasi hanya akan dilakukan untuk timnas senior.

“Proses naturalisasi hanya untuk Timnas Senior, tidak ada untuk Timnas Indonesia U-16,”ujar Exco PSSI.

Meski begitu, untuk memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di ajang Piala Dunia 2023 masih memiliki kesempatan untuk melakukan proses naturalisasi.

“Yang kami pikirkan , jika di Piala Dunia kita dipilih sebagai tuan rumah, apakah akan direkrut 2 atau 3 pemain yang sifatnya seperti naturalisasi,” kata Hasani.

Baca Juga:  Elkan Baggot Main Penuh, Gillingham FC Catatkan Cleansheet Kontra Rochdale

Namun, sampai saat ini masih belum bisa dipastikan apakah program naturalisasi untuk skuad Garuda Nusantara sudah dilaksanakan atau belum. 

Dibalik itu, Bima Sakti selaku Pelatih Timnas Indonesia U-16 menganggap bahwa proses naturalisasi yang dilakukan untuk timnas senior merupakan hal yang sah – sah saja. Akan tetapi, Bima Sakti juga tidak menyetujui apabila program naturalisasi diberlakkan untuk timnas kelompok umur.

Menurutnya, kualitas dan kemampuan para pemain lokal tidak terlalu buruk jika dibandingkan dengan pemain dari berbagai negara lainnya di level usia 16 tahun. 

Baca Juga:  PSSI: Indonesia Putuskan Tetap Bertahan Di AFF!! Iwan Bule Sebut Alasannya

Itu merupakan sebuah bukti bahwa pemain Timnas Indonesia U-16 juga dapat bersaing dengan para pemain dari negara lain saat melakoni laga dalam suatu kompetisi .

Dengan begitu, Bima Sakti akan memaksimalkan kemampuan dari para pemain lokal yang sudah masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-16.

close