Tersingkir dari Piala AFF U19, Iwan Bule Sebut Posisi Shin Tae-yong Masih Aman

Shin Tae-yong

Walaupun gagal di ajang Piala AFF U19 2022, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan bahwa posisi pelatih Shin Tae-Yong masih aman agar bisa melanjutkan karirnya di Indonesia.

Sebelumnya, timnas Indonesia U19 gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U19 2022 walaupun mencatatakan kemenangan besar 5-1 melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu 10 Juli 2022.

Hal itu dipastikan selepas diwaktu bersamaan timnas Thailand bermain imbang dengan skor 1-1 kontra Vietnam di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hal itu sudah cukup agar bisa menyisihkan timnas Indonesia dari perebutan tiket ke semifinal lantaran kalah secara head to head dari Thailand dan Vietnam. Di klasemen mini, ketiga negara mengoleksi poin yang sama, yakni dua. Tapi timnas Indonesia gagal menciptakan gol ketika bermain imbang lawan Thailand dan Vietnam. Hasilnya, skuad Garuda Muda berada dibawah Vietnam serta Thailand di Grup A.

Baca Juga:  Pelatih Myanmar Jagokan Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

Posisi Shin Tae-Yong Dijamin Aman

Dengan mengusung target juara, tentunya capaian timnas Indonesia U19 di ajang Piala AFF U19 2022 boleh dibilang mengecewakan.

Namun, hasil itu tak akan berpengaruh banyak dengan posisi Shin Tae Yong sebagai pelatih kepala.

Baca Juga:  Indonesia Lolos Final AFF U16, Mochamad Iriawan: Jantung Saya Mau Copot Lihat Adu Penalti

Ketika wawancara doorstop di depan awak media, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan jika posisi pelatih asal Korea Selatan tersebut masih aman.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu memastikan kalau posisi STY sebagai pelatih timnas Indonesia U19 dalam 3 kelompok usia masih aman. Menurutnya, timnas Indonesia tersisih lantaran regulasi yang dicanangkan oleh panitia Piala AFF U19 2022.

“Kondisi semacam ini terjadi dikarenakan regulasi. Sebenarnya saya sangat sedih kita gagal ke semifinal,” ujar Iwan Bule.

Dia menyebutkan jika permainan Vietnam dan Thailand tak pantas dilakukan oleh tim manapun.

Baca Juga:  Vietnam Lolos Ke Final Piala AFF U-16 Usai Kalahkan Thailand 2-0

“Namun menurut saya, permainan Thailand dan Vietnam tak boleh dijalankan oleh tim besar,” imbuhnya.

Menurutnya, Shin Tae Yong sukses mengangkat permainan seluruh pemain timnas U19, tidak terkecuali pemain cadangan.

“Untuk posisi STY sendiri masih tetap, sebab perkembangan anak-anak sangat luar biasa. Diluar dugaan beberapa pemain cadangan diturunkan dan performa mereka hampir setara dengan yang inti.”

“STY punya hubungan bagus dengan para pemain. Posisinya masih aman, jangan diperdebatkan lagi,” tandas Iwan.

close