Terancam Bangkrut, Tapi Barcelona Kok Jadi Klub Paling Boros Saat Ini?

Barcelona
Terancam Bangkrut, Tapi Barcelona Kok Jadi Klub Paling Boros Saat Ini?

AISSEKIYA – Barcelona menjadi klub paling boros di bursa transfer musim panas ini. Padahal klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut di kabarkan nyaris bangkrut.

Seperti yang di ketahui, El Barca sejauh ini sudah mendatangkan lima bintang baru. Ke lima nama tersebut ialah Andreas Christensen, Franck Kessie, Robert Lewandowski, Raphinha, dan Jules Kounde.

Menariknya, dari lima nama tersebut, ada tiga pemain yang di beli Barcelona dengan nominal yang sangat tinggi.

Pembelian termahal Blaugrana di musim panas ini adalah Rapinha. Gelandang berkebangsaan Brasil tersebut di beli Barcelona dengan harga 60 juta euro (setara Rp. 909 Milliar) dari Leeds United.  Robert Lewandowski pun juga di peroleh Barca dengan harga yang tak murah.

Baca Juga:  Wejangan Bima Sakti Saat Turun Minum Dongkrak Skuad Indonesia U16 Berhasil Comeback

Menurut laporan, Barca mendapatkan Robert Lewandowski setelah mencapai kata sepakat dengan Bayern Munchen di harga 50 juta euro (sekitar RP. 763 Milliar).

Pembelian termahal kedua di tempati oleh Jules Kounde. Nominal sebesar 55 juta euro (sekitar Rp. 834 Milliar) telah di gelontorkan Barcelona untuk memboyong bek 23 tahun ini ke Camp Nou.

Pembelian Lewandowski ini pun menuai banyak pro kontra dari fans Barca, pasalnya saat ini Robert Lewandowski sudah tidak berusia muda lagi. Seperti yang di ketahui, Robert Lewandowski saat ini sudah berusia 33 tahun.

Baca Juga:  Beredar Video Alfeandra Dewangga Makan Nasi Padang Dengan Wanita, Vivi : Itu Bukan Saya!

Performanya bersama Bayern Munchen memang masih belum mengalami penurunan dalam beberapa tahun belakangan. Namun membeli pemain dengan nominal sebesar itu di nilai bukan keputusan yang bijak.

Jika semua di total, maka El Barca sudah mengeluarkan uang sebesar 165 juta euro atau setara dengan Rp. 2,5 Trillian di musim panas ini. Jumlah tersebut membuat Barcelona menjadi klub paling boros di bursa transfer pemain musim panas ini. Dalam data, El Barca unggul jauh dari klub-klub yang biasanya sangat boros seperti Manchester City, Arsenal, dan Bayern Munchen.

Baca Juga:  Kalah dari Indonesia, Pelatih Vietnam Ngamuk Dipinggir Lapangan

Lantas darimana uang yang di dapatkan Barcelona untuk membeli bintang-bintang tersebut?. Menurut informasi, Joan Laporta sebenarnya telah membuat kebijakan untuk meningkatkan kondisi financial klub.

Salah satu pendapatan besar Barcelona adalah dari menjual saham hak siar sebesar 25% kepada Sixht Street selama 25 tahun. Berkat kerja sama tersebut, Blaugrana mendapatkan kucuran dana sebesar 527,5 juta euro atau setara Rp. 7,9 trilliun.

close