Tanggapan Pemerintah Usai Kegagalan Timnas Indonesia U-19 dari Piala AFF U-19 2022

Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI

AISSEKIYA – Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yang mewaikili pemerintah turut memberikan komentar mengenai kagagalan Timnas Indonesia U-19 dari ajang Piala AFF U-19 2022.

Diketahui, perjuangan skuad Garuda Nusantara terpaksa harus berhenti pada babak penyisihan grup.

Lebih tepatnya, anak asuh pelatih Shin Tae-yong itu gagal melaju ke semifinal karena hanya dapat menempati posisi ketiga di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Penampilan Timnas Indonesia U-19 yang sebenarnya tidak begitu buruk. Terlebih, Ronaldo Kwateh dan kolega mampu menyabet tim paling produktif di gelaran Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga:  Jadwal Final Piala AFF U-16 2022 Indonesia Versus Vietnam, Garuda Tuntaskan!

Dari pertandingan yang sudah dilewati, Timnas Indonesia U-19 telah berhasil mencetak 17 gol ke gawang lawan.

Mengenai performa, skuad Garuda Nusantara juga tak terkalahkan dalam lima laga dibabak pernyisihan grup. Timnas Indonesia U-19 juga mencatatkan 11 poin dengan 3 kemenangan dan dua hasil imbang.

Namun, semua torehan tersebut belum mampu membawa Timnas Indonesia U-19 melaju ke babak semifinal karena kalah head to head atas Vietnam dan Thailand.

Mengenai hal tersebut, Zainudin Amali masih memberikan apresiasi tersendiri untuk skuad Garuda Nusantara. Zainudin Amali mengaku bangga atas apa yang sudah diberikan oleh para pemain Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:  Beda Dengan Vietnam, Pelatih Thailand Puji Indonesia Layak Gelar Even International

“Saya tetap bangga dengan Timnas Indonesia U-19,” ujar Zainudin Amali, dikutip BolaSport.com dari situs resmi Kemenpora.

“Dengan tim yang ada saat ini saya kira itu dimaksimalkan,” tuturnya.

Zainudin Amali juga menambahkan bahwa pemerintah siap memberikan support apapun untuk agenda Timnas Indonesia kedepannya.

Dibalik itu, Zainudin Amali juga memastikan bahwa pihaknya tidak akan ikut campur lebih dalam mengenai masalah tim.

Baca Juga:  Dua Pemainnya Diusir Wasit AFC, Pelatih PSM Sebut Terbiasa Main Keras di Liga 1

“Pemerintah telah menyerahkan seluruhnya kepada federasi keinginannya seperti apa akan kita fasilitasi,” ujar Zainudin Amali.

“Pemerintah tidak akan campur tangan terlalu dalam mengenai tim dan lainnya. Tugas pemerintah adalah hanya memberikan fasilitas terhadap timnas,” lanjutnya.

Timnas Indonesia juga diharapkan untuk tidak terlarut dalam kesedihan. Mengingat, dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan mengikuti pagelaran Piala Dunia U-20 2023 yang sudah menantinya.

close