Subsidi yang diberikan Terlalu Kecil Jadi Alasan Persipura Tak Ikut Piala Menpora 2021

  • Bagikan
Persipura Jayapura memilih tidak mengikuti Piala Menpora karena Subsidi yang diberikan terlalu kecil

Persipura Jayapura telah mengkonfirmasi untuk menarik diri dari keikutsertaan diturnamen pra musim Piala Menpora 2021.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano. Benhur menyebut panitia penyelenggara Piala Menpora tidak adil dan tidak menjalankan komunikasi sebagaimana mestinya.

“Mereka berlaku tidak adil pada kami, dan mereka tidak menghargai kami, mereka tau itu, tetapi diam saja, ini bukan profesional,” kata Benhur.

Benhur juga menyatakan alasan utama persipura memilih apsen di Piala Menpora 2021, ia menyebut bahwa masalah transportasi yang diberikan oleh PT LIB masih jauh kurang dari apa yang diperlukam oleh klub.

BACA JUGA:  Sesumbar Kalahkan Timnas Indonesia, Park Hang Seo: Vietnam Kalah Saya Pulang Kampung
Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

“Bantuan biaya transportasi sebesar Rp 100.000.000 sangat jauh dari nilai yang akan kami keluarkan sebagai biaya transportasi. Kami pergi dan pulang lokasi home Piala Menpora 2021, biaya yang kami keluarkan untuk perjalanan pergi pulang berkisar Rp 320.000.000,”

“Untuk itu, terkait bantuan transportasi kami menawarkan 2 opsi kepada Organizing Comitte (OC), yaitu memenuhi kebutuhan biaya tersebut (Rp 320.000.000) atau membelikan tiket serta membayar bagasi kami,” bunyi surat dari Persipura kepada panitia.

Menanggapi hal itu, OC Piala Menpora sebenarnya sudah menambah jumlah subsidi untuk biaya transportasi khusus Persipura menjadi Rp 150.000.000.

Selain Persipura Jayapura, empat tim mendapatkan kelonggaran dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam keikutsertaan di Piala Menpora 2021. kelonggaran bagi Persipura dan tiga tim lain yang terlambat mendaftar Piala Menpora.

BACA JUGA:  Shin Tae yong Coret Yanto Basna Karena Dianggap Tak Penuhi Panggilan

Untuk diketahui, batas waktu pendaftaran Piala Menpora adalah 26 Februari 2021. Namun, jingga batas waktu yamg diberikanteraebut, Persipura, Persebaya Surabaya, Persita Tangerang, dan Persik Kediri belum menyerahkan konfirmasi keikutsertaan.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, memberikan kelonggaran kepada tim-tim tersebut sampai Manajer meeting, 8 Maret 2021.

“Mereka menyerahkan konfirmasi di luar tenggat yang ditentukan. Pada prinsipnya ada fleksibilitas dalam hal ini,” ucap Akhmad Hadian.

Bahkan, Persipura yang menyatakan tidak ikut serta masih dimasukkan dalam drawing Piala Menpora 2021 oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan panitia penyelenggara.

BACA JUGA:  Raih Tempat Keempat PSM Makassar Dapat Hadiah Sebesar Rp 1,35 Milyar

PT LIB berharap Persipura bisa ikut serta dengan mengubah keputusan dan hadir di perhelatan Piala Menpora 2021.

Namun, manajemen Persipura terlanjur murka meski PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengajukan permohonan maaf sehari setelah drawing yakni 9 Maret 2021.

Dengan tegas, Persipura memberi keputusan untuk tidak ikut serta di Piala Menpora 2021.

Itu artinya hanya akan ada empat tim di Grup A Piala Menpora 2021 yakni Arema FC, PSIS Semarang, Tira-Persikabo, dan Barito Putera.

Piala Menpora akan dimulai pada 21 Maret 2021 dengan laga pembuka antara PSIS melawan Arema FC di Stadion Manahan, Solo.

  • Bagikan