Shin Tae Yong : Thailand dan Vietnam Memang Tak Ada Nyalinya !

Pelatih timnas Indonesia U19, Shin Tae Yong, sangat geram melihat permainan antara Thailand dan Vietnam di pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U19 2022, malam WIB.

Secara blak-blakan dia menilai bahwa kedua kubu adalah tim pengecut lantaran dengan sengaja menjegal Indonesia supaya tidak bertemu lagi di babak selanjutnya.

Karena, apabila Indonesia lolos ke fase semifinal, maka peluang bertemu lagi di babak final baik dengan Thailand atau Vietnam akan besar.

Karena niatan kurang terpuji itu, Thailand dan Vietnam secara sengaja ‘membungkus’ pertandingan serapi mungkin. Namun tetap terlihat sangat nyata tidak profesional di pertandingan tersebut.

Baca Juga:  Iwan Bule Bicara Peluang Bima Sakti Naik Level dan Rencana Jangka Panjang Garuda Muda

Kemenangan telak 5-1 melawan Myanmar, di waktu yang bersamaan tidak banyak membantu agar lolos ke babak semifinal.

Lalu, mengapa STY menyebut kalau Thailand dan Vietnam adalah tim pengecut?

Jawabannya sangat jelas sekaligus menjadi fakta di atas lapangan, yakni kedua kubu dengan sengaja mengendur di akhir babak kedua selepas skor imbang 1-1. Performa yang ditunjukkan sangat tak profesional.

“Harusnya mereka melakukan pertandingan fair play saat situasinya seperti ini. Tapi kenyataan tak seperti itu,” ungkap Shin Tae Yong saat jumpa pers pasca laga.

“Thailand dan Vietnam mungkin sangat takut dengan Indonesia, oleh karenanya saya tersinggung. Berarti mereka merasakan bahwa penampilan Indonesia lebih baik dan kuat kemudian mereka membuat hasil laga seperti ini,” imbuhnya.

Baca Juga:  Breaking News: Robert Alberts Resmi Mundur dari Kursi Kepelatihan Persib Bandung

Heran Dengan Regulasi AFF

Pelatih asal Korea Selatan tersebut heran mengapa regulasi head to head masih digunakan oleh AFF, padahal dua induk seperti AFC dan FIFA sudah lama meninggalkannya.

“Anehnya lagi AFF tetap menggunakan regulasi semacam ini. Di turnamen mendatang regulasi semacam ini harus dirubah.”

Ini merupakan pertama kali timnas Indonesia tak mampu melaju ke babak semifinal Piala AFF U19 selepas dalam 3 edisi sebelumnya selalu mulus.

Baca Juga:  Bocah Laksanakan Shalat Di Tribun, Madura United: Kami Akan Berikan Hadiah

Catatan Timnas Indonesia Sangat Produktif

Thailand, Vietnam, dan Indonesia sama-sama mengumpulkan 11 poin. Indonesia mengoleksi selisih gol yang lebih besar, yakni +15. Vietnam punya selisih +9, serta Thailand +6.

Di babak semifinal mendatang, belum diketahui siapa lawan Thailand dan Vietnam di Grup B. Pasalnya, Laos kontra Malaysia masih akan berlaga pada Senin, 11 Juli 2022, sore WIB.

Dengan raihan 9 poin, Laos hanya butuh hasil imbang agar berstatus sebagai jawara grup B kemudian menghadapi Thailand.

close