Sandy Walsh Memahami Fanatisme Sepakbola Indonesia

sandy walsh ikuti pemusatan latihan

Usai pengumuman resmi Johor Darul Ta’zim atas pemain barunya Jordi Amat menuai pro kontra dari penggemar sepak bola tanah air.

Jordi Amat yang akan menjadi WNI itu, diharapkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

Tetapi, sang pemain tersebut tidak meneruskan karirnya di Liga Eropa, Jordi Amat lebih memilih gabung bersama klub Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Bek berkualitas tersebut masuk sebagai pemain ASEAN menjadi incaran tim Malaysia. Dengan keputusan tersebut, para penggemar sepak bola terutama Indonesia menjadi terpecah, antara pro dan kontra.

Baca Juga:  Messi Moncer Bersama Argentina, Ronaldo Masih Mlempem Di Portugal


Tak sedikit yang mengharapkan PSSI membatalkan proses naturalisasi Jordi Amat agar tidak dapat masuk dalam skuad Timnas Indonesia.

Namun, salah satu pemain lain yang juga dalam proses naturalisasi, Sandy Walsh, secara serius berharap proses naturalisasinya berjalan dengan baik.

Dimana alasan Sandy Walsh ingin serius menjadi WNI untuk mengikuti bekas langkah orang tuanya yang berasal dari Purworejo dan Surabaya.

“Saya dan kakek nenek saya berhubungan sangat dekat,”

“Beliau pernah bilang bahwa apabila tidak diberi kesempatan bermain di Eropa, saya harus mempertimbangkan untuk bermain di Indonesia. Bagi Beliau saya bisa membla Timnas Indonesia,” ujar Sandy Walsh ketika wawancara dengan Chandra Margatama.

Baca Juga:  Demi Juara, Argentina Bertekad Pulangkan Belanda Dari Piala Dunia

Dengan keputusan tersebut, Sandy akan  sepenuhnya berdedikasi untuk Indonesia, terlebih untuk meningkatkan prestasi Timnas indonesia.

Sandy juga memahami fanatisme sepakbola di Indonesia. Sandy menilai jika sepakbola bagi warga Indonesia seperti sebuah keyakinan (Agama).

“Indonesia merupakan negara yang besar dalam sepak bola, kamu akan merasakannya. Mereka menggemari sepakbola seperti sebuah keyakinan (agama),” Tutur Sandy Walsh.

Baca Juga:  Walaupun Gagal Ke Perempat Final Piala Dunia, Australia Terima Hadiah Fantastis

Bukan di Timnas Indonesia saja, Sandy mengaku fanatisme lebih terasa di kancah klub. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Sandy juga mengikuti pertandingan klub di Liga Indonesia.

Pemain kelahiran Belgia tersebut juga sempat hadir ke stadion untuk melihat langsung laga Uji Coba Timnas Indonesia.

“Perasaan yang luar biasa saya dapat menyaksikan supporter menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mereka mampu memberikan energi lebih untuk pemain Timnas Indonesia” Lanjutnya.

close