Sandy Walsh Dukung Pemain Indonesia Berkarir di Luar Negeri

sandy walsh bermain melawan Radja Nainggolan

Sandy Walsh, yang merupakan pemain naturalisasi ini mendukung para punggawa lokal untuk berkarir di Luar Negeri. Dengan begitu, akan memberikan dampak positif bagi para pemain yang akan membela Timnas Indonesia.

Seperti yang sudah diketahui, Sandy Walsh yang sempat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang kualifikasi Piala Asia 2023 di Jawa Barat dan Kuwait.

Sandy yang bertemu dengan para pemain Indonesia yang berkarir diluar negeri, bergegas pulang untuk membela Timnas Indonesia.

Diantaranya Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang bermain di Slovakia, berikutnya Arhan Pratama yang bermain di Jepang, dan Asnawi mangkualam yang berada di Korea.

Baca Juga:  Skuad Juara U-16 Bakal Terus Dikawal Sampai Sea Games 2025

Bukan hanya itu, masih ada Saddil Ramdani yang berkarir di Malaysia serta Elkan Baggott yang sampai sekarang masih melanjutkan karirnya di Inggris.

Sandy Walsh mengatakan bahwa bermain di luar negeri sebetulnya bukan sebuah keharusan dalam sebuah konten Youtube Chandra Margatama sebagai bintang tamu.

“Saya pikir bukan sebuah kewajiban untuk melanjutkan karir di luar negeri.  Saya yang sudah sepuluh tahun bermain di Belgia, apakah diwajibkan untuk bermain di Indonesia?,” ujar Sandy.

Baca Juga:  Orang Tua Para Pemain Mengaku Tegang dan Susah Tidur Jelang Laga Final Lawan Vietnam

“Itu bukan sebuah kewajiban, melainkan sebuah pilihan. Andaikan anda mendapat penawaran, kami dapat memikirkannya terlebih dahulu,” lanjut pemain asal Belgia itu.

Tak banyak yang mengetahui, Sandy Walsh sebenarnya juga mendapat tawaran untuk bermain di Irlandia, namun ia menolak tawaran yang meggoda tersebut.

Itu dikarenakan Sandy lebih tertarik untuk naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia, dan dapat bermain untuk Timnas Indonesia.

Sandy Walsh juga menyadari bahwa banyak pemain lokal yang terperangkap dalam zona nyaman dan bertahan di Liga 1. Dengan kata lain, para pemain lokal tersebut akan sulit untuk melanjutkan karirnya di luar negeri.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Berhasil Bantu 10 Pemain Ansan Greeners Tahan Pemuncak Klasemen

Disisi lain, Sandy Walsh juga memberikan sedikit bocoran jika bermain di klub Eropa sangat jauh berbeda dengan Indonesia.

Jadi para pemain lokal bisa mendapatkan pengalaman baru dan dapat berkembang lebih cepat dengan melanjutkan karir di luar Negeri.

Dengan begitu, mereka dapat membawa pengetahuan dan pengalamannya untuk membela Timnas Indonesia.

close