Akui Shin Tae yong Tertarik Padanya, Sandy Walsh Mengaku Sudah Berbicara dengan PSSI

  • Bagikan
Sandy Walsh akui masih berhasrat membela timnas Indonesia 

Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Sandy Walsh masih menyimpan harap bisa membela timnas Indonesia, meski belum ada kabar lanjutan dari PSSI.

Sandy Walsh, sudah menyampaikan niatnya untuk bisa membela timnas Indonesia dan sudah lama mengajukan hal tersebut kepada PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia.

Namun Sayangnya, keinginan Sandy seakan tak berbalas karena tidak ada kabar lanjutan dari PSSI, yang ia sebut sempat berkomunikasi dengan dirinya. Sandy sendiri memang memiliki peluang untuk membela beberapa negara.

Selain memiliki darah Indonesia, Sandy juga bisa saja membela Republik Indonesia, Belanda, atau bahkan Belgia. Jalan hidupnya memang penuh warna karena orang tuanya memiliki darah campuran dan pernah tinggal di beberapa negara.

BACA JUGA:  Persebaya Terancam Terusir dari GBT Karena Pemkot Surabaya Berencana Naikkan Tarif Sewa hingga Rp 444 Juta
Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

Darah Indonesia di tubuh Sandy diwarisi dari sang ibu, Brigitta Portier, yang dilahirkan dari orang tua asal Indonesia. Sedangkan sang ayah, Gary Walsh, merupakan keturunan Irlandia dan Swiss yang lahir di Inggris.

Status Sandy kini berpaspor Belanda meski dia dilahirkan di Brussles, Belgia, pada 14 Maret 1995. Dia pernah membela timnas junior Belanda mulai U-15 hingga U-20, terakhir pada 2014. Dukungan untuk Sandy pun hadir belakangan ini, dari eks striker timnas Indonesia keturunan Belanda, Jhonny van Beukeren.

Pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Malaysia menghadirkan Dion Cools, pemain yang mirip dengan Sandy. Ia pernah membela timnas Belgia di level junior, tapi kini resmi menjadi warga Malaysia, dan membela timnas Malaysia.

BACA JUGA:  Lupakan Messi, Barcelona Punya Sosok Pengganti Pada Martin Braithwaite

“Ya, saya sudah mengetahui tentang itu. Saya sangat bahagia untuknya! Dia merupakan teman baik saya, dan kami sama-sama punya cerita ingin bermain untuk Malaysia, dan Indonesia,” ungkap Sandy wals.

Menurut Sandy, nasibnya dan Cools mirip karena pernah membela timnas level junior negara lain, hal yang sama juga dialami oleh Kevin Diks. Beberapa waktu lalu, PSSI enggan menaturalisasi Kevin Diks karena punya karier dengan timnas Belanda.

“Kami bertiga punya kasus yang serupa tapi Malaysia membuat segalanya mungkin, dan Indonesia tidak,” ungkap Sandy, yang kini sudah berusia 26 tahun.

BACA JUGA:  Berita Duka: Ustadz Maaher Meninggal Dunia di Rutan Mabes Polri

Kini Sandy berkarier di Belgia bersama KV Mechelen. Berposisi sebagai bek sayap, ia cukup diandalkan di kasta tertinggi Liga Belgia, dan membukukan tiga gol serta tiga asis pada kompetisi 2020/21.

Bahkan Sandy Walsh juga mengungkapkan,pelatih timnas saat ini, Shin Tae yong sebenarnya punya minat padanya. 

“Kami sudah pernah berbicara [Sandy dan PSSI], dan pelatih menginginkan saya untuk gabung skuad, tapi semua tergantung pada direktur [teknik PSSI, Indra Sjafri] untuk membuat hal itu terwujud,” tegas Sandy Walsh.

  • Bagikan