Resmi, Indonesia Masuk Kandidat Tuan Rumah Piala Asia 2023

Resmi, Indonesia Masuk Kandidat Tuan Rumah Piala Asia 2023

AISSEKIYA – PSSI selaku federasi tertinggi sepakbola Indonesia telah resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sebelumnya, PSSI sempat bimbang mau mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Pasalnya pada tahun 2023 mendatang, Indonesia juga sudah pasti bakal menjadi tuan rumah ajang bergengsi Piala Dunia U20. Namun, setelah berunding dengan berbagai pihak yang terkait, akhirnya PSSI berani mengajukan diri sebagai tuan rumah.

AFC sendiri selaku Asosiasi sepakbola di benua Asia telah menerima Indonesia sebagai tuan rumah. Di Kuala Lumpur, AFC resmi mengumumkan empat Negara yang bakal menjadi kandidat tuan rumah gelaran paling akbar di Benua Asia tersebut. Ke empat Negara tersebut ialah Indonesia (PSSI), Qatar (QFA), Korea Selatan (KFA), dan Australia (Football Australia).

Baca Juga:  Wejangan Bima Sakti Saat Turun Minum Dongkrak Skuad Indonesia U16 Berhasil Comeback

“Kami sudah menerima surat resmi pernyataan ketertarikan dari 4 negara untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Empat anggota sudah memberikan respon tepat waktu yaitu 15/07/2022, ke empat anggota tersebut yakni Indonesia, Qatar, Korea Selatan, dan Australia,” imbuh pihak AFC.” tulis rilis resmi Asian Football Confederation (AFC), Senin (18-07-2022).

Setelah itu, keempat Negara atau anggota tersebut akan di kirimi surat berisi regulasi untuk mengajukan penawaran (bidding). Nantinya dokumen resmi untuk proses bidding tersebut harus di kirimkan ke Asian Football Confederation sebelum tanggal 31/08/2022.

Baca Juga:  13 Pemain Muda Persija Masuk Seleksi Garuda Select Angkatan Kelima

Setelah proses Bidding selesai, pihak AFC nantinya akan melakukan peninjauan kepada para kandidat. Selanjutnya, pengumuman Negara mana yang akan terpilih menjadi penyelenggara Piala Asia 2023 akan di umumkan pada hari Senin, tanggal 17 Oktober 2022 mendatang.

Sementara itu, pihak PSSI tentunya akan bergerak cepat untuk segera menyelesaikan proses Bidding. Hal itu di lakukan untuk menunjukan sikap serius Indonesia di banding Negara lain. Selain itu, kans Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 di anggap paling kecil. Pasalnya Ketiga Negara lain yang juga mengajukan diri di anggap lebih siap dalam banyak hal.

Baca Juga:  Media Vietnam Kembali Kritik Fasilitas Tuan Rumah: Tidak Ada Lampu Ditempat Latihan

Di antara ke empat Negara tersebut, Korea Selatan lah yang paling berat. Pasalnya Korsel sudah sangat lama tidak menjadi tuan rumah perhelatan paling bergengsi di Benua Asia ini. Tercatat, Korsel tersebur kali menjadi tuan rumah pada tahun 1960 silam.

close