Resmi! Akhirnya Indonesia Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023

Piala Asia

Kabar yang sudah kita ketahui, China yang terpilih sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023 itu mengundurkan diri pada 15 Mei 2022 lalu. Pengunduran diri tersebut dikarenakan masih parahnya pandemi Covid-19 di China.

Dengan pengunduran diri tersebut, Federasi Sepak Bola Asia (AFC) memberikan kesempatan kepada negara lain yang siap untuk dijadikan sebagai tuan rumah.

Sebelum mengajukan diri sebagai tuan rumah, PSSI sebelumnya sudah mendapatkan tawaran untuk menjadi tuan rumah di ajang Piala Asia 2023.

Namun, PSSI belum secara sah mengajukan diri ke Federasi Sepak Bola Asia karena masih dalam proses komunikasi dengan pemerintah (Menpora).

Baca Juga:  Cedera Kepala, Elkan Baggott Diragukan Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Presiden dan Menpora Mendukung

Usai mendapatkan kabar demikian, Menpora mengabulkan permintaan PSSI untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah usai mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

“Permintaan PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Asia telah masuk ke saya,”

“Yang disampaikan PSSI kepada saya, langsung saya sambungkan ke Bapak Presiden,” Tutur Zainudin Amali kepada reporter di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

“Diperbolehkan apa tidak kami ikut mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah dan jawaban Bapak Presiden, silahkan saja, tetapi untuk hasilnya kan tergantung pihak federasi,” tambahnya.

Dengan izin dari Presiden Republik Indonesia, PSSI akan melakukan komunikasi dengan pihak federasi dengan pengajuan diri.

Baca Juga:  Gaya Anti Mainstream Neymar Saat Rayakan Kemenangan Brasil Atas Korea

“Hari ini PSSI akan ke AFC, Nanti proses penyampaian surat dari PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Asia,”

“Sebuah kesempatan bagus bagi kita dapat menjadi peserta dan juga tuan rumah,” Lanjut Zainudin Amali.

Alasan Kuat Indonesia Ajukan Tuan Rumah Piala Asia

Alasan pengajuan diri tersebut telah disampaikan juga oleh Amali. Karena Jarak Piala Asia 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 tidak jauh, untuk itu diberikan izin.

Semua komponen untuk pagelaran Piala Asia 2023 juga sudah dinyatakan siap. Mulai dari Infrastruktur sampai Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dipastikan siap.

Baca Juga:  Lolos Ke 16 Besar Piala Dunia, Hasil Kerja Keras Jepang Selama 20 Tahun Dibayar Lunas

“Karena jarak tidak terlalu jauh, Piala Dunia U-20 di bulan Mei sampai Juni dan Piala Asia pada bulan Juli, jadi kami sudah siap dalam setiap keadaan,” Imbuhnya.

Bukan tanpa rintangan, Indonesia yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 harus bersaing dengan beberapa negara besar di Asia.

Diantaranya Korea  Selatan, Jepang, dan juga Australia yang berminat menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Asia 2023 ini..

close