Rasa Isa : Keinginan PSSI untuk Gabung ke EAFF Hanya Emosi Sesaat

Rasa Isa : Keinginan PSSI untuk Gabung ke EAFF Hanya Emosi Sesaat
Rasa Isa : Keinginan PSSI untuk Gabung ke EAFF Hanya Emosi Sesaat

AISSEKIYA – Ahli sepakbola Malaysia, Raja Isa, menyebutkan bahwa keinginan PSSI hanyalah emosional sesaat apabila betul-betul keluar dari AFF dan gabung dengan EAFF.

Sebelumnya diketahui kalau PSSI tengah membuka peluang untuk hengkang dari AFF kemudian gabung dengan EAFF. Hal itu muncul karena kekecewaan netizen mengenai perilaku AFF yang masih belum menanggapi surat protes yang dilayangkan PSSI.

Pihak PSSI melayangkan surat tersebut guna mempertanyakan pertandingan Vietnam melawan Thailand di ajang Piala AFF U19 2022 apakah berjalan sebagaimana mestinya atau tidak.

Kedua kubu terlihat tidak ingin bermain lagi serta hanya memainkan bola sembari menunggu laga bubaran.

Baca Juga:  13 Pemain Muda Persija Masuk Seleksi Garuda Select Angkatan Kelima

Lalu hasil seri tersebutlah yang jadi penyebab kegagalan timnas Indonesia U19 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U19 2022 lalu.

Bermula desakan netizen, PSSI kini juga menyatakan bahwa mereka berpeluang gabung ke Asosiasi Sepakbola Asia Timur.

“Sudah menyampaikannya melalui Yunus Nusi [Sekjen PSSI], mereka senang apabila PSSI masuk ke EAFF,” ungkap Mochamad Iriawan, saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa 19 Juli 2022.

“Tetapi harus didiskusikan lebih dulu, saya ucapkan terima kasih kepada warganet yang memberi saran. Pasalnya itu menjadi bukti kecintaan mereka kepada timnas Indonesia.”

Baca Juga:  Bermain Penuh, Asnawi Mangkualam Bawa Ansan Greeners Imbangi Tuan Rumah Seoul E-Land

Komentar Raja Isa

Di sisi lain, rencana PSSI yang berkeinginan gabung ke EAFF kini menuai banyak kritikan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah mantan pelatih PSMS Medan, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar, Raja Isa.

Dia menilai kalau PSSI sekarang ini tengah kecewa pada AFF karena surat protes belum mendapatkan tanggapan.

Kemudian, PSSI dinilai salah saat mengkritisi pertandingan Thailand dengan Vietnam secara berlebihan.

“Saya pikir itu adalah keputusan yang terlalu emosional dari kekecewaan di suatu pertandingan. Baik Thailand U19 dan Vietnam U19 sudah melakukan laga dengan bagus. Akan salah untuk memberikan kritik,” ujar Raja Isa, seperti dikutip dari Sova.vn.

Raja Isa juga mempertanyakan apakah PSSI telah mempunyai rencana matang apabila benar-benar gabung dengan EAFF untuk kedepannya.

Baca Juga:  PSSI: Indonesia Putuskan Tetap Bertahan Di AFF!! Iwan Bule Sebut Alasannya

“PSSI harus punya rencana matang untuk kedepan, apa saja yang perlu ditetapkan sebagai arah utama gabung ke EAFF.”

“Namun saya pikir peluang untuk bergabung ke EAFF tak akan terwujud, sebab sejarah paling panjang Indonesia ada di AFF,” tandas Raja Isa.

Follow Garuda Media

close