Pundit Vietnam : Jika Indonesia Gabung EAFF, PSSI dan AFF Sama-Sama Rugi Besar

Pundit Vietnam : Jika Indonesia Gabung EAFF, PSSI dan AFF Sama-Sama Rugi Besar
Pundit Vietnam : Jika Indonesia Gabung EAFF, PSSI dan AFF Sama-Sama Rugi Besar

AISEKIYA – Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) terus di isukan bakal keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan bergabung ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Niat tersebut muncul setelah PSSI menganggap bahwa hasil di turnamen AFF Cup U-19 tidak menguntungkan bagi Indonesia.

Seperti yang diketahui, Timnas U-19 gagal melaju ke fase knock out setelah Vietnam U-19 dan Thailand U-19 bermain imbang 1-1. Timnas Indonesia U-19 di anggap kalah head-to-head dari kedua Negara tersebut.

Padahal jika posisi klasmen di tentukan dengan cara perolehan gol terbaik, Indonesia U-19 tentu bakal lolos menjadi juara group. Pasalnya tim asuhan Shin Tae-yong tersebut tampil menggila dan selalu berhasil menang dengan skor telak, kecuali saat melawan Vietnam dan Thailand.

Baca Juga:  Pelatih Iran Membahas Masalah Kontroversi Pinalti, Sepak Bola itu Kadang Tidak Adil

Namun kendati demikian, hingga kini pihak AFF masih belum memberikan respon terkait surat pengunduran diri yang di kirimkan Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI).

PSSI tampaknya sangat serius ingin keluar dari AFF dan bergabung ke EAFF (Federasi Sepak Bola Asia Timur).

“Kami sudah sampaikan melalui Sekjen, Yunus Nusi. Mereka menyambut baik kalau kita masuk, Pastinya akan kami diskusikan lagi dengan matang ya. Terima kasih kepada seluruh penggemar Timnas untuk sarannya, sebab itu bukti kecintaan kepada tim nasional kita,” terang Iriawan.

Baca Juga:  Momen Ronaldo Selebrasi Gol, Eh Ternyata Milik Bruno Fernandes

Akan tetapi, Ketua Umum PSSI tersebut juga masih menghitung-hitung ulang mengenai untung dan rugi jika keluar dari AFF. Ia (Iriawan) tak mau membuat keputusan tergesa-gesa yang bisa saja malah merugikan bagi Sepak Bola Tanah Air.

Tanggapan Pundit Vietnam

Polemik ini pun memicu pundit asal Vietnam yakni BLV Quang Tung memberikan komentar. Mereka mengatakan bahwa jika Indonesia keluar dari AFF, maka kedua belah pihak akan sama-sama mengalami kerugian.

Baca Juga:  Debut Perdana Bagi Timnas Indonesia, Sandy Walsh Patok Juara Piala AFF

BLV Quang Tung juga mengatakan bahwa polemik ini hadir karena ekspresi kemarahan dari Federasi Sepak Bola Indonesia saja.

“Menurut saya ini ialah ekspresi kemarahan yang tidak bertanggung jawab dari salah satu anggota AFF.”

“Mereka tidak bisa menyamakan hasil dari turnamen Piala AFF U-19 2022 dengan apa yang terjadi dalam sepak bola di Asia Tenggara,” terang BLV Quang Tungn.

close