PT LIB dan PSSI Terus Matangkan Persiapan Penggunaan Dua Asisten Wasit Tambahan di BRI Liga 1

PT LIB dan PSSI Terus Matangkan Persiapan Penggunaan Dua Asisten Wasit Tambahan di BRI Liga 1
PT LIB dan PSSI Terus Matangkan Persiapan Penggunaan Dua Asisten Wasit Tambahan di BRI Liga 1

Aissekiya.com– PT LIB nampaknya sangat serius untuk membenahi kinerja wasit di BRI Liga 1. Hal itu terlihat dari kegiatan PT LIB yakni refreshment asisten wasit tambahan kemarin di Lapangan Samudera, Badung pada Senin (7/3).

Diketahui sebelumnya PSSI dan PT LIB memastikan bakal tambah dua asisten wasit di laga BRI Liga 1 demi meminimalisir keputusan kontroversi yang belakangan ini terus mencuat.

BACA JUGA:  Update Terbaru Corona 15 Mei 2020, 16,496 Orang Positip dan 1.076 Orang Meninggal

Sebanyak 65 peserta yang terdiri dari wasit dan asisten wasit telah mengikuti kelas teori dan praktik penerapan asisten wasit tambahan.

Nantinya dua asisten wasit tambahan akan berdiri di belakang gawang dan mengamati jalannya pertandingan. Mereka juga akan dilengkapi alat khusus untuk melakukan komunikasi dengan wasit lainnya.

“Saya mengikuti materi praktik sejak awal. Semua dilaksanakan secara detail. Termasuk peran dan tugas masing-masing wasit dan asisten wasit selama pertandingan, sampai dengan cara berkomunikasi dengan alat baru antara wasit utama dan dua asisten wasit tambahan.” ujar Akhmad Hadian Lukita

BACA JUGA:  Greg Nwokolo Sumbangkan Seluruh Gajinya Untuk Membantu Melawan Corona

“Mudah-mudahan materi praktik ini akan sangat membantu pada saat korps wasit saat bertugas di laga sisa BRI Liga 1 2021/2022,” jelas Akhmad Hadian Lukita, Senin (7/3).

Diharapkan dengan adanya dua asisten wasit tambahan bisa memecahkan solusi kinerja buruk dari wasit utama. Nantinya PSSI sendiri siap menerapkan teknologi VAR demi terus memperbaiki sepakbola Indonesia.

BACA JUGA:  Prediksi Final Sepak Bola Putra Olimpiade 2020: Brasil vs Spanyol

“Kami berharap kebijakan adanya asisten wasit tambahan ini akan bisa menjawab persoalan yang ada di perwasitan. Pada akhir musim akan kami evaluasi dan saya pribadi berharap mudah-mudahan bisa diterapkan untuk musim depan,” terang Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

close