PSSI : VAR Masih Belum Bisa, Wasit Yang Naik Gaji Harus Lebih Jujur Dan Sportivitas

PSSI : VAR Masih Belum Bisa, Wasit Yang Naik Gaji Harus Lebih Jujur Dan Sportivitas
PSSI : VAR Masih Belum Bisa, Wasit Yang Naik Gaji Harus Lebih Jujur Dan Sportivitas

AISSEKIYA – Kompetisi sepakbola tanah air, Liga 1 musim 2022/23 akhirnya sudah dimulai, Sabtu 23 Juli 2022. Menurut rencana, turnamen ini akan berjalan sampai bulan April tahun 2023 mendatang.

Satu dari beberapa elemen paling penting di sebuah turnamen ialah wasit. Pasalnya, wasit bakal menentukan jalannya permainan.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, mengingatkan supaya sang pengadil lapangan selalu menunjunjung tinggi sportivitas, integritas, dan jujur.

“Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri acara penyegaran wasit. Saya mengatakan kepada para wasit, kalau kalian adalah elemen yang menentukan jalannya permainan. Maka dari itu kalian harus menjadi wasit yang profesional, berintegritas, dan jujur,” ungkap Mochamad Iriawan saat sesi jumpa pers.

Baca Juga:  Kalahkan Vietnam, Timnas U-16 Keluar Sebagai Juara Grup Piala AFF U-16 2022

“Di Piala Presiden kemarin menjadi contoh kompetisi supaya berjalan dengan aman, damai, dan lancar,” imbuh pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

“Untuk masalah gaji memang meningkat. Gaji mereka saat ini menjadi Rp 10 juta, sebelumnya Rp 3.5 juta. PSSI ingin memberi kesejahteraan pada wasit beserta asisten wasit. Saya bakal memberi punishmen dan reward kepada mereka kalau ada yang membuat kesalahan.”

PSSI Siapkan Wasit Tambahan

Menurut Iwan Bule, pihaknya pada musim lalu telah memberi sanksi terhadap wasit bertindak buruk. Selanjutnya, guna mengurangi kesalahan, PSSI memberi wasit tambahan yang ada di samping gawang. Hal tersebut telah dilakukan PSSI, ketika Liga 1 musim lalu menyisakan beberapa pertandingan.

Baca Juga:  Mau Dijadikan Anak Angkat Iwan Bule, Iqbal Gwijangge Sambut Dengan Bersyukur

“Saya melihat kemampuan mereka lebih baik, pada musim lalu ketika laga menyisakan ¾ kami sudah menyiapkan wasit tambahan,” tandasnya.

PSSI sendiri telah mengadakan penyegaran wasit 18 hingga 21 Juli 2022. Acara itu diikuti sebanyak 59 wasit serta 74 asisten wasit. Acara penyegaran wasit itu dilakukan menjelang dimulainya Liga 1, Liga, 2, Liga 3, serta turnamen sepakbola amatir.

Baca Juga:  Seiya Da Costa, Pemain Keturunan Jepang Jebolan Akademi Arema FC Sembuh Dari Cidera

Sementara itu, PSSI hingga kini masih belum dapat memasang Video Assistant Referee [VAR] lantaran mahalnya dana yang dikeluarkan. Iwan Bule menyebut agar bisa menerapkan VAR, uang yang perlu disiapkan di satu laga sampai Rp 250 juta.

Liga 1 musim ini diikuti sebanyak 18 tim dan 306 laga. Pada musim 2021/22, Bali United berhasil keluar sebagai juara. Sementara itu Rans Nusantara FC, Persis Solo, dan Dewa United merupakan klub yang melakukan promosi pada musim 2022/23.

close