PSSI Nyatakan Dua Gol Persib ke Gawang Rans Nusantara FC Merupakan Kesalahan Wasit

PSSI Nyatakan Dua Gol Persib ke Gawang Rans Nusantara FC Merupakan Kesalahan Wasit
PSSI Nyatakan Dua Gol Persib ke Gawang Rans Nusantara FC Merupakan Kesalahan Wasit

Ais Sekiya– Komdis PSSI Menyatakan bahwa dua gol Persib Bandung ke gawang Rans Nusantara FC merupakan kesalahan wasit yang memipin pertandingan.

Persib berhasil meraih kemenangan atas Rans Nusantara FC dengan skor 2-1 pekan ke-8 Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (4/9).

Dua gol Persib Bandung dicetak oleh David da Silva menit 26 dan Ciro Alves pada menit ke-45. Sedangkan satu gol balasan dari Rans Nusantara FC dicetak oleh Wander Luiz.

Baru-baru ini PSSI mengeluarkan hasil evaluasi dan menyatakan bahwa 2 gol Persib ke gawang Rans Nusantara FC tersebut merupakan kesalahan wasit.

Baca Juga:  Kim Bong Soo Keras Dan Tegas Melatih Kiper Timnas Indonesia Jelang Piala AFF

Dimana saat itu wasit David Son Sansube beserta Arif Nur Wahyudi (AAR 2), dan Ruslan Waly (asisten wasit 2) merupakan wasit yang memimpin saat pertandingan

Walau tak mengubah hasil pertandingan, PSSI memastikan bahwa kedua gol Persob ke gawang RANS Nusantara FC terjadi akibat kelalaian wasit.

PSSI resmi merilis daftar wasit yang harus dibina berdasarkan kinerja mereka di pekan ke-5 hingga 8 Liga 1 2022-2023 pada Rabu 7 September 2022.

Menurut rilis PSSI, tiga petugas perangkat pertandingan di laga Persib Bandung vs RANS Nusantara FC, yakni David Son Sansube (wasit), Arif Nur Wahyudi (AAR 2), dan Ruslan Waly (asisten wasit 2) yang dinyatakan lalai.

Baca Juga:  Shin Tae Yong Janji Rebut Juara Piala AFF, Untuk Hapus Sedih Tragedi Kanjuruhan

David Son Sansube lalai dalam menerapkan Laws of The Game (LOTG) yang semestinya penaltinya Persib Bandung tidak layak untuk mendapatkannya.

Sementara Arif Nur Wahyudi dinilai tidak memberikan informasi yang sebenarnya kepada wasit mengenai penalti untuk Persib Bandung, padahal tugas AAR 2 adalah memberikan masukan pada wasit.

Kemudian Ruslan Waly lalai menerapkan LOTG pasal 11 mengenai offside. Pasalnya David da Silva terlebih dulu sudah dalam posisi offside sebelum mencetak gol pertama dan Ruslan tidak dalam posisi yang tepat sehingga terjadi perubahan skor.

Untuk detail hukuman yang diberikan PSSI kepada wasit bisa disimak disini

Baca Juga:  Luis Enrique dan Hansi Flick Janji Bertemu Di Final Piala Dunia 2022
close