Profil Fakhri Husaini, Sukses Bersama Timnas U-16 dan Anti Naturalisasi

  • Bagikan
Profil Fakhri Husaini, Sukses Bersama Timnas U-16 dan Anti Naturalisasi
Profil Fakhri Husaini, Sukses Bersama Timnas U-16 dan Anti Naturalisasi

Mantan pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husain mendadak menjadi viral usai melontarkan kritik terhadap rencana PSSI yang ingin melakukan naturalisasi terhadap empat pemain keturunan.

Melalui akun Instagram pribadi miliknya @coachfakhri, ia menyindir rencana PSSI menaturalisasi empat pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri.

Keempat pemain tersebut adalah Kevin Diks, Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers. Keempat pemain keturunan tersebut telah mendapatkan restu dari Mochamar Iriawan, Ketua Umum PSSI saat ini.

“Saya bilang, semua pemain itu adalah hak pelatih untuk mencari. Tak ada pemain yang tak dia minta. Jadi saya memang berikan kebebasan pada Shin,” buka Iriawan.

BACA JUGA:  Elkan Baggott Diklaim Tolak Panggilan Timnas, PSSI: Dulu Ngejar-Ngejar

“Dia ajukan itu (Jordi Amat dan Sandy Walsh) tentunya kami akan dalami dan kaji. Bisa gak dia masuk ke kita atau tidak,” tambah Iriawan.

Rupanya, kebijakan naturalisasi ini justru mendapat kritikan dari mantan pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini.

“Ternyata yang dimaksud dengan “Percaya Proses” adalah “Percaya Proses Naturalisasi”, ya….Mantapss,” tulis Fakhri Husaini dalam caption unggahan Instagram pribadinya.

Siapakah Fakhri Husaini dan bagaimna kiprah Fakhri Husaini di sepak bola Indonesia hingga kritikannya bjsa mencuri perhatian seleuruh pecinta sepak bola Indonesia.

Fakhri Husaini merupakan pelatih yang terbilang cukup sukses di sepak bola Indonesia. Ia sukse membawa Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2018 lalu.

BACA JUGA:  Resmi! Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain untuk Laga Lawan Taiwan

Selain sukses menjadi seorang pelatih, Fakhri Husaini ternyata memiliki kisah menarik di masa lalu.

Berposisi sebagai gelandang, eks Petrokimia Putra dan PKT Bontang ini ternyata sempat kabur dari TC (pemusatan latihan) Timnas Indonesia jelang Sea Games 1991.

Kisah Fakhri Husaini dan Timnas Indonesia
Coach Fakhri yang tergabung dalam skuat Timnas Indonesia asuhan Anatoli Polosin diketahui tak berada di Sea Games Manila 1991.

Padahal ia dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan yang diadakan jelang pergelaran akbar negara-negara ASEAN itu. Kok bisa?

Pada kanal YouTube Omah Balbalan, Fakhri Husaini menceritakan kisah dan alasannya mengapa dirinya tak ikut terbang ke Manila.

BACA JUGA:  Taklukkan Barito Putra, Arema FC Merangsek Geser Persib Bandung

Dalam pengakuannya, pria kelahiran Lhokseumawe ini mengaku kabur dari TC Timnas Indonesia bersama rekan sekamarnya, Jaya Hartono.

Kombinasi latihan berat nan keras a la Anatoli Polosin dan masalah keluarga menjadi alasan di balik kaburnya Fakhri Husaini dari TC Timnas Indonesia.

Di akhir kompetisi, Timnas Indonesia besutan Polosin akhirnya berhasil keluar sebagai juara. Sea Games 1991 lantas menjadi Sea Games terakhir di mana Tim Garuda berhasil meraih medali emas hingga detik ini.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close