Presiden Jokowi Resmikan Akademi Sepak Bola Di Papua

Presiden Jokowi Resmikan Akademi Sepak Bola di Papua

Presiden Jokowi Resmikan Akademi Sepak Bola di Papua
Presiden Jokowi Resmikan Akademi Sepak Bola di Papua

Ais Sekiya– Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi meresmikan Akademi Sepak Bola Papua/Papua Football Academy (PFA) di Stadion Utama Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022) pagi.

Presiden Jokowi menyebut bahwa pembentukan PFA merupakan permintaannya kepada PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai tanggung jawab perusahaan multinasional tersebut untuk ikut mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Papua.

“November tahun lalu, setelah pembukaan PON, saya undang Dirut PTFI untuk datang ke hotel. Saat itu saya sampaikan komitmen PTFI untuk pembangunan SDM di Papua dan saya minta dibangun akademi sepak bola dan hari ini sudah ada PFA,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Perlakuan Buruk Wasit Bikin PSM Jadi Lebih Kuat

Dari berbagai pertimbangan dan aspek historis, Sepak bola menjadi pilihan karena Papua dikenal sebagai wilayah yang selalu bisa melahirkan pemain-pemain berbakat untuk Indonesia.

Diantara pemain-pemain hebat yang berasal dari tanah Papua antara lain Rully Nere, Aples Tecuari, Elie Eboy, hingga Boaz Solossa.

Baca Juga:  Hokky Caraka Minta Maaf Atas Ucapannya¬†Tentang Kegagalan Piala Dunia U20

Presiden Jokowi menargetkan Ada 30 anak Papua yang akan masuk PFA selama tiga tahun, Presiden berharap akan ada nama-nama pesepak bola baru yang bisa memperkuat tim nasional Indonesia.

“Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang berbakat. 30 anak ini adalah bibit-bibit talenta yang berbakat. Mereka juga akan disiapkan sekolah formalnya sehingga mereka tidak hanya memiliki karakter yang kuat, tetapi juga pandai,” tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Kangen Shin Tae-yong, Marselino Ferdinan Kirim Cuitan Kocak
close