Piala Dunia U-20 2021 Batal, Shin Tae yong Berpeluang Latih Timnas U-16 Gantikan Bima Sakti

  • Bagikan
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong

Keputusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2021 membuat PSSI mulai mempertimbangkan untuk menyiapkan skuad timnas Indonesia U-16 yang nantinya akan diturunkan di turnamen tersebut di edisi 2023.

Kebijakan FIFA ini memberikan pengaruh terhadap timnas U-19 yang sejak awal disiapkan untuk Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Dengan adanya pembatalan ini, tentunya timnas U-19 kini hanya fokus ke turnamen yang akan berlangsung di Uzbekistan pada Maret 2021.

Sedangkan untuk Piala Dunia U-20 2023 sudah tidak memungkinkan. Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebutkan, dari 30 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-19 di Spanyol, sebagian besar akan melewati usia di atas 20 tahun.

BACA JUGA:  Pemilik Tangan Tuhan, Diego Maradona Meninggal Dunia Pada Usia 60 Tahun

“Pertama, untuk yang U-19 berangkat, ada tiga pemain yang masih bisa bermain di Piala Dunia 2023. Ada Kakang Rudianto, Erlangga Setyo. Kemudian anak-anak ini juga dari direktur teknik merekomendasi sebagian akan bisa menjadi pemain timnas untuk SEA Games 2021,” ujar Yunus diwartakan laman Antara.

BACA JUGA:  Jadwal dan Prediksi Arsenal vs Manchester United Minggu 31 Januari 2021
Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

Kondisi itu tidak menutup kemungkinan Tae-yong bakal mengambil alih timnas U-16 yang ditangani Bima Sakti, dan sedang dipersiapkan menghadapi Piala Asia U—16 di Bahrain. Timnas U-16 dijadwalkan kembali menjalani TC pada awal 2021.

Hanya saja, Yunus belum bisa memastikan kemungkinan tersebut direalisasikan. Yunus menyatakan, PSSI dalam waktu dekat akan menggelar rapat komite eksekutif (Exco) untuk membahas program timnas di semua kelompok umur.

“Setelah tahun baru, Ketum PSSI akan menyampaikan ke Exco kembali untuk membuat program penyiapan di tahun yang akan datang, ketika ada perubahan jadwal Piala Dunia,” jelas Yunus.

BACA JUGA:  Persipura Bubar, Jatah Klub Indonesia Main Di AFC Hangus?

Di lain sisi, PSSI juga tidak mengabaikan timnas U-19. Mereka tetap disiapkan dengan serius untuk melakoni Piala Asia U-19. Selain itu, pemain yang ada sekarang merupakan cikal bakal skuad senior untuk masa mendatang.

“PSSI tetap bertanggung jawab untuk membina anak-anak. Tetapi yang lebih penting, anak anak ini yang akan menjadi cikal bakal masa depan pemain timnas Indonesia,” tegas Yunus.

  • Bagikan