Permintaan PSSI Kirimkan Timnas U-16 Untuk TC Wajib ke Negara Kuat

Permintaan PSSI Kirimkan Timnas U-16 Untuk TC Wajib ke Negara Kuat
Permintaan PSSI Kirimkan Timnas U-16 Untuk TC Wajib ke Negara Kuat

AISSEKIYA – Timnas Indonesia telah berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022. Setelah kompetisi ini, PSSI akan memberikan agenda TC atau pemusatan latihan kepada anak asuh Bima Sakti yang akan dilaksanakan di luar negeri.

Usai sudah seluruh perjuangan para pemain Timnas Indonesia U-16 dalam gelaran Piala AFF U-16 2022. Setelah berakhirnya kompetisi ini, para punggawa Timnas Indonesia akan mempersiapkan diri untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 pada buulan Oktober mendatang.

Timnas Indonesia akan bersaing dengan Uni Emirat Arab, Palestina, dan juga Malaysia yang tergabung dalam Grup B. Diketahui, babak kualifikasi tersebut akan berlangsung di Jakarta. 

Baca Juga:  Messi Thailand Alami Cedera Saat Lawan Malaysia Di Kings Cup

Mochamad Iriawan selaku Ketua PSSI akan memberikan agenda pemusatan latihan ke luar negeri untuk para pemain Timmnas Indonesia U-16. Dirinya mengharapkan anak asuh Bima Sakti itu bisa melangsungkan TC di negara kuat.

“TC ke luar negeri yang pasti dalam roadmap kami nanti, saya sudah menyampaikan kepada beliau (Menpora), beliau memberikan dukungan dengan agenda kita, mereka pun (Timnas U-16) akan lebih dimatangkan dulu, lalu setelahnya kita akan TC ke negara yang kuat, jadi kita dapat mengikuti turnamen yang ada,” ujar Mochamad Iriawan dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Menang Atas Curacao Skor Akhir 3-2

“Vietnam U-19 kalau tidak salah sekitar satu bulan melakukan TC di Jerman. Kita nanti akan diarahkan oleh Menpora mau ke mana, yang pasti sepak bolanya lebih kuat seperti Portugal, Belanda, Spanyol dan sebagainya. Mengenai waktu tepatnya nanti akan kami jelaskan,” ungkap Iriawan.

Disisi lain, Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga juga memberikan dukungan terhadap agenda tersebut. Ia menganggap bahwa program pembinaan tersebut sesuai dengan apa yang sudah diinstruksikan oleh presiden.

“Mengenai TC di luar negeri ini merupakan jangka panjang, untuk sepak bola kan ada Inpres No.3 Tahun 2019. Jadi, kami akan  mewujudkan itu dari usia dini, lalu ke Timnas U-16.”

Baca Juga:  Pemanggilan M Rafli ke Timnas Indonesia Menjadi Bahan Perbincangan

“Lalu, nanti kita akan berkoordinasi dengan pihak PSSI dan mudah – mudahan diberikan dukungan dari berbagai pihak yang terkait, karena ini merupakan instruksi dari presiden,” jelas Zainudin Amali.

Bima Sakti, juru taktik Timnas Indonesia U-16 ini juga menjelaskan bahwa anak asuhnya akan mendapatkan beberapa program setelah berakhirnya Piala AFF U-16 2022.

Salah satu diantaranya yakni menlangsungkan program pemusatan latihan (TC), Bima Sakti juga mengharapkan adanya uji coba di luar negeri.

close