Perkembangan Ajang Pencarian Bakat di Jayapura, Papua Football Academy

Papua Football Academy

Ajang pencarian bakat di Papua atau yang biasa disebut Papua Football Academy telah menyelesaikan programnya.

Pencarian bakat tersebut bertempat di Stadion Mahacendra, Universitas Cendrawasih pada hari Sabtu dan Minggu (25-26 Juni 2022) dnegan dijadikan sebagai lokasi terakhir.

Sebelum memasuki daerah Jayapura, Papua Football Academy telah melaksakan program di Timika dan Merauke dengan generasi angkatan 1 Januari 2009 sampai 31 Desember 2009.

Pencarian bakat ini dilaksanakan guna mencari generasi muda yang diberi kesempatan untuk bergabung dengan Papua Football Academy.

Papua Football Academy ini salah satu komitmen untuk mengembangkan kualitas sepak bola Papua yang di inisiasi oleh PT. Freeport Indonesia sebagai investasi sosial.

Baca Juga:  Skuad Juara U-16 Bakal Terus Dikawal Sampai Sea Games 2025

Wolfgang Pikal, selaku Direktur Papua Football Academy, memimpin jalannya program tersebut untuk menyeleksi putra Papua yang berbakat. Bukan hanya tahun kelahiran, para calon anggota akan diseleksi saat masih menduduki kelas VII SMP.

Program ini merupakan kerja sama PFA dan Dinas Pendidikan Mimika untuk membantu para calon anggota PFA menyelesaikan sekolahnya.

“Dari 3 kota yang sudah kami laksanakan, ada banyak perbedaan karakter yang turut meramaikan. Bakat sepak bola anak – anak Papua sangat menarik, hanya membutuhkan sedikit sentuhan bisa menjadi bintang sepak bola di Indonesia,” Tutur Wolfgang Pikal, dilansir Sportstars.

Baca Juga:  Vietnam U-20 Diuji Tiga Klub Jepang Sebelum Balik ke Indonesia

Hasil dari pencarian bakat tersebut mencuri perhatian Wolfgang Pikal. Ia mengaku sepak bola Jayapura sangat menarik, dan dapat melihat kemampuan para calon anggota PFA.

“Berdasarkan kesempatan bermain yang diberikan dalam 2×10 menit dengan jumlah 7 lawan 7 pemain sudah dapat kita lihat sentuhan pelatih mereka dari SSB,” Ujar Direktur PFA.

Dari 137 jumlah perserta yang mengikuti PFA di Jayapura hanya akan ada 21 pemain yang akan lolos ke tahap selanjutnya. Bagi mereka yang berhasil akan melanjutkan ke tes psikologim sidik jari, dan yang terakhir tes kesehatan.

Baca Juga:  JDT Bawa Jordi Amat ke Jepang, Bakal Debut di Liga Champions Asia?

Dalam pencarian bakat tersebut, mendapat dukungan penuh dari Legenda Sepak Bola Persipura , Ricardo Salampessy, yang turut hadir di Stadion Mahacendra, Universitas Cendrawasih, Jayapura.

Sang legenda adalah salah satu tokoh terlaksananya Jayapura Junior League yang menggandeng Ardiles Rumbiak yang saat ini menjadi pelatih kepala Papua Football Academy.

close