Perjalanan Kelam Marc Klok Sampai di Sepak Bola Indonesia

Marc Klok pemain timnas Indonesia

Marc Klok jadi salah satu pemain penting dalam skuad Indonesia di pentas SEA Games Vietnam lalu. Dia baru saja mendapat status sebagai WNI pada 2020. Pemain asal Amsterdam, Belanda, tersebut memulai karirnya di Indonesia semenjak 2017 saat membela PSM Makassar.

Di awal karirnya sebagai pesepakbola, Klok menandatangani kontrak bagi klub Skotlandia, Ross County pada Juni 2023. Kemudian dia menjalani debutnya dengan kekalahan 1-4 melawan Celtic. Pada 2014, dia dilepas setelah hanya bermain dalam 6 laga saja.

BACA JUGA:  HIGHLIGHT - Piala AFF Timnas Indonesia Melawan Thailand Berakhir Imbang 0-0

Selanjutnya pada Oktober 2014, Klok Kembali menandatangani kontraknya bersama Cherno More Verna [Liga Bulgaria]. Setelah satu musim bermain disana dan tidak ada perkembangan, pada 2016 dia bergabung dengan Oldham Sthletic.

Marc Klok Pernah Berstatus Pemain Termahal

Tambahan informasi, Klok pernah jadi salah satu pemain dengan transfer termahal di pentas Liga Indonesia menurut Transfermarkt. Dia sempat menerima bayaran Rp 8.26 miliar saat didatangkan PSM Makassar.

BACA JUGA:  Masalah Jam Kick Off Liga 1 2022-2023, PT LIB : Musim Lalu Seperti Itu Tidak Ada Masalah

Selanjutnya dia akhirnya resmi jadi WNI selepas mengucapkan serta mencium bendera kebangsaan Indonesia pada tanggal 12 November 2022. Walau begitu, ia belum dapat membela Timnas Indonesia di laga resmi lantaran aturan FIFA.

Marc Klok jadi pesepakbola professional di tanah air pada 2017 lalu ketika dia bermain untuk PSM Makassar. Sebelum bergabung Persib Bandung [timnya saat ini], Klok menerima gaji dari klub sebelumnya, Persija, senilai Rp 6.1 miliar per tahun.

BACA JUGA:  Merasa Kecewa di Piala Presiden, Kapten Persib Bandung Akan Lampiaskan di Liga 1

Ditinggal Keluarga Bunuh Diri

Klok pun sudah pernah berada di titik rendah dalam hidupnya, setelah ayah tiri yang di anggap saudaranya tewas bunuh diri. Jadi perjalanan hidup Marc Klok memang sangat berat.

close