Pakar Bola Asia : Jangan Seperti Anak Kecil, PSSI Keluar AFF Tidak Akan Terwujud

“Asosiasi Sepakbola Indonesia bertingkah layaknya seorang bayi,” ungkap Steve Darby seperti dilansir Soha.vn.

AISSEKIYA – Rumor mengenai keluarnya PSSI dari keanggotaan AFF serta bergabung dengan EAFF langsung menarik atensi ahli sepakbola asal Inggris, Steve Darby.

Meskipun sampai Jumat, 22 Juli 2022, masih belum pasti apakah PSSI betul-betul akan keluar dari AFF, namun Steve langsung melontarkan kritikan tajam apabila hal itu benar terwujud.

Menurut sosok yang sempat menahkodaii timnas putri Vietnam serta Thailand tersebut, kalau PSSI ingin keluar dari keanggotaan AFF, maka disebutnya seperti keputusan anak kecil.

“Asosiasi Sepakbola Indonesia bertingkah layaknya seorang bayi,” ungkap Steve Darby seperti dilansir Soha.vn.

Lanjut lagi, dia menyatakan kalau EAFF tak akan dengan mudah menerima Indonesia begitu saja. Pasalnya, kubu AFF sendiri tak akan membiarkan Indonesia keluar dari federasi mereka.

Baca Juga:  Jadi Ladang Pembantaian Brasil vs Korea, Stadion 947 Resmi Dibongkar

Steve meminta kepada Indonesia agar tidak berperilaku seperti bayi, sebab laga antara Thailand dan Vietnam di babak semifinal Piala AFF U19 2022 tak ada masalah.

“AFF tak akan membiarkan Indonesia pergi. Di sisi lain akan sulit untuk EAFF menerima mereka. Yang ditunjukkan oleh Thailand dan Vietnam di laga AFF U19 merupakan sepakbola ilegal, kedua tim juga tidak melanggar apapun di sana,” imbuhnya.

Di sisi lain, mengenai regulasi head-to-head guna menentukan ranking, Steve melihat seluruh tim sudah mengetahui regulasi itu.

Baca Juga:  Gaya Anti Mainstream Neymar Saat Rayakan Kemenangan Brasil Atas Korea

“Semua sudah tahur aturannya sebelum kompetisi dimulai, jelas tidak boleh ada yang keberatan apabila ada kesalahan.”

Ketum PSSI Klaim EAFF Senang Jika Indonesia Bernar-Benar Gabung

Kabar tentang keluarnya PSSI dari keanggotaan AFF lalu gabung dengan EAFF marak beredar di internet saat Ketua Umum PSSI, Mochamar Iriawan menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan komunikasi bersama EAFF,

Bahkan, Mochamad menyatakan kalau EAFF dengan senang hati akan menerima apabila PSSI betul-betul gabung ke federasinya.

“Sudah disampaikan oleh Sekjen, Pak Yunus Nusi, mereka senang apabila kita [PSSI] benar-benar masuk kesana,” ungkap Mochamad Iriawan ketika ditemui wartawan di Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa 19 Jui 2022.

Baca Juga:  Jelang Laga Melawan Brasil, Paulo Bento Bicara Peluang Korea Selatan

“Tetapi harus didiskusikan lebih dulu, pasalnya tak akan memutuskan secara sepihak lantaran kami juga akan menghitung cost benefit,” tandasnya.

Sementara itu, ahli sepakbola Malaysia, Rasa Isa, berujar kalau PSSI tak mungkin keluar dari AFF. Pasalnya, Indonesia punya sejarah, salah satunya jadi pendiri AFF itu sendiri.

“Namun saya rasa peluang Indonesia gabung EAFF tak akan terjadi. Sebab mereka memiliki sejarah yang sangat panjang di AFF,” ungkap Raja Isa.

close