Meski Tak Masuk Kalender FIFA, PSSI Lobi Ipswich Town Lepas Elkan Baggott

  • Bagikan
Elkan Baggot diklain menolak panggilan Timnas

Pemain keturunan Indonesia-Inggris l, Elkan Baggott sempat kembali menjadi buah bibir di publik sepak bola Indonesia. Ia disebut menolak panggilan memperkuat Timnas Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh ketua PSSI, Mochamad Iriawan. Iriawan menyebut Elkan Baggott tidak ingin bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni 2021.

Belakangan diketahui Elkan Baggott meminta maaf dan menjelaskan alasan tak menerima panggilan tugas membela Timnas Indonesia. Dia pun menegaskan siap memperkuat skuad Garuda jika kembali dipanggil.

“Kepada ketua PSSI yang terhormat. Pertama, saya ingin meminta maaf sedalam-dalamnya karena tidak menghadiri Timnas Indonesia di Dubai,” tulis Baggott dalam suratnya.

“Alasannya pada waktu itu adalah pemerintah Inggris dan klub saya menyarankan saya untuk tidak hadir karena situasi COVID-19 di Dubai memburuk.”

BACA JUGA:  Banyak Pemain Vietnam Cidera, Timnas Indonesia Diuntungkan?

“Sekarang, saya siap untuk membela dan memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia. Semoga Anda bisa memahami alasan saya,” ucap Baggott.

Pernyataan Elkan Baggott seakan membawa angin segar bagi Timnas Indonesia. Terlebih dalam waktu dekat Timnas Indonesia dijadwalkan akan turun dalam ajang Piala AFF 2021 yang digelar di Singapura.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun bisa mempertimbangkan opsi untuk memanggil Elkan Baggott untuk memperkuat lini belakang Timnas.

Meski demikian, PSSI harus melakukan kerja ekstra keras untuk melobi Ipswich Town klub dimana Elkan Baggott bermain.

Pasalnya, Piala AFF merupakan ajang diluar agenda FIFA yang membuat klub tak berkewajiban melepas pemainnya ke Timnas.

BACA JUGA:  Pergantian Jitu Luis Milla yang Mengantar Indonesia ke Semifinal

Namun, ada beberapa keuntungan jika Elkan Baggott memperkuat timnas Indonesia

Kehadiran Elkan Baggott bisa menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia, berikut alasannya.

Memperkuat Lini Belakang

Kehadiran Elkan Baggott akan menambah opsi bagi Shin Tae-yong di lini belakang Timnas Indonesia nantinya. Seperti yang diketahui, Elkan merupakan bek yang tangguh.

Meski usianya masih sangat muda, Elkan sangat layak untuk bisa mendapat kesempatan bertandem dengan pemain-pemain lebih senior seperti Fachrudin, Victor Igbonefo, atau Ryuji Utomo.

Punya Kelebihan

Dengan postur 196 cm, hadirnya Elkan bisa menambah kekuatan di barisan belakang Timnas Indonesia, khususnya dalam mengatasi duel-duel udara dan skema bola mati.

BACA JUGA:  Resmi! Nurhidayat Dijatuhi Hukuman Larangan Bermain 3 Pertandingan

Selain membantu pertahanan, postur tinggi Elkan juga bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia mencetak gol khususnya melalui sundulan. Kualitas inilah yang membuat Elkan Baggot bisa berguna di Piala AFF 2020.

Regenerasi Timnas Indonesia

Dengan memanggil Elkan Baggott, artinya akan membuat regenerasi pemain di Timnas Indonesia berjalan. Shin Tae-yong bisa memadukan pemain muda dan senior di Piala AFF 2020 untuk menambah jam terbang.

Tak cuma Elkan Baggott, ada cukup banyak nama-nama yang tampil apik di tim nasional kelompok umur baik di Timnas Indonesia U-19 atau Timnas U-23 yang bisa dicoba promosi ke Timnas senior.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close