Menpora Yakin Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

AISSEKIYA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebutkan ketertarikan Indonesia untuk jadi tuan rumah pada Piala Asia 2023 mendapat tantangan dari Qatar. Tapi, Zainudin yakin kalau Indonesia akan terpilih.

Saat ini AFC melakukan penawaran tuan rumah di Piala Asia 2023. Kemudian, Indonesia jadi satu dari sekian negara yang ikut dalam penawaran itu.

Selain Indonesia, ada 4 negara lain seperti Qatar, Australia, Korea Selatan, dan Jepang. Tapi tantangan terberat diakui oleh Zainudin adalah Qatar yang pada tahun ini menghelat Piala Dunia 2022.

“Pesaing Indonesia cukup berat, khususnya Qatar. Semoga saja AFC masuk di pertimbangan,” ujar Zainudin.

Baca Juga:  Sukses Libas Vietnam U-16, Iqbal Gwijangge: Terimakasih Seluruh Suporter Garuda

Jarak Satu Bulan Dengan Piala Dunia U20

Piala Asia 2023 mendatang akan dilaksanakan 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Nah,, waktu tersebut hanya berjarak satu bulan selepas Indonesia mengadakan Piala Dunia U20 2023, yaitu 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Zainudin menyebutkan adanya jarak waktu satu bulan antar kompetisi. Situasi itu dapat jadi pertimbangan bagi AFC mengenai kesiapan Indonesia untuk jadi tuan rumah.

“Jarak dengan Piala Dunia U20 satu bulan. Infrastruktur masih tersedia, SDM masih ada sebab panitia yang menggelar tidak berbeda jauh. Seharusnya ini menjadi bahan pertimbangan AFC,” tegasnya.

Baca Juga:  Bicara Peluang Klasemen Sementara Runner Up Terbaik Piala AFF U-16 2022, Vietnam Paling Atas

Memiliki Pengalaman

Indonesia sendiri pernah jadi tuan rumah di ajang Piala Asia. Kala itu, Indonesia dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia terpilih menjadi tuan rumah di Piala Asia 2007 silam.

Sebagai tuan rumah, saat itu timnas Indonesia berhak lolos langsung ke putaran final. Itu jadi edisi terakhir skuad Garuda bermain di Piala Asia. Keseluruhannya, Indonesia 4 kali berlaga di Piala Asia dengan rincian tahun 1996, 2000, 2004, serta 2007.

Timnas Indonesia Masuk Pot 4

Skuad Garuda berada di Pot 4 dalam undian Piala Asia 2023 mendatang. Mereka bergabung dengan Malaysia, Hongking, Thailand, dan Tajikistan.

Baca Juga:  Melihat Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16, Malaysia Berpotensi Besar

Indonesia sendiri berpeluang mendapat saingan berat dari berbagai negara yang berada di pot 1 hingga 3. Sementara itu pelatih Shin Tae Yong tentunya harus meracik skuad agar timnas melaju cukup jauh di kompetisi.

Selama bermain di Piala Asia, catatan terbaik Garuda Indonesia hanya menembus fase penyisihan grup. Sangat menarik menantikan perjuangan para pemain timnas Indonesia di ajang 4 tahunan ini.

close