Menghitung Peluang Argentina Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Di Babak Pamungkas

Menghitung Peluang Argentina Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Di Babak Pamungkas
Menghitung Peluang Argentina Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Di Babak Pamungkas

Timnas Argentina memang mampu mempertahankan harapannya untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah meraih kemenangan saat menghadapi Meksiko. Namun, hal ini tak lantas membuat Timnas Argentina merasa aman karena mereka masih ada peluang untuk gugur dari fase grup.

Setelah dibungkam Arab Saudi pada laga perdana Grup C, Lionel Messi dan kolega berhasil bangkit pada pertandingan kedua dengan meraih kemenangan dari Meksiko dengan skor akhir 2-0 yang berlangsung pada Minggu (28/11/2022).

Keberhasilan ini seiring dengan terbukanya peluang Timnas Argentina melaju ke babak 16 besar. Untuk sementara waktu, Timnas Argentina saat ini menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup C dengan torehan 3 poin yang masih unggul selisih gol atas Arab Saudi yang memiliki poin sama.

Baca Juga:  Marselino Dikabarkan Jalani Tes Diklub Lama Kevin De Bruyne

Sedangkan peringkat pertama, masih berada di tangan Timnas Polandia yang berhasil mengoleksi 4 poin, sementara itu Meksiko harus berada di posisi ke empat yang hanya mampu mengoleksi  satu poin saja.

Perhitungan Argentina Di Babak Penyisihan Pamungkas Ini

Timnas Argentinya yang masih memiliki peluang untuk lolos harus memaksimalkan pertandingan terakhirnya. Berikut perhitungan potensi Argentina melaju ke babak 16 besar:

1. Argentina Keluar Sebagai Juara Grup

Argentina bisa lolos sebagai juara grup jika meraih kemenangan atas Polandia dan pada pertandingan Arab Saudi harus bermain imbang lawan Meksiko.

2. Argentina Melaju Sebagai Runner-up

Argentina bisa melaju ke babak 16 besar sebagai runner up meskipun hanya bermain imbang saat melawan Polandia. Tetapi, pertandingan Arab Saudi menghadapi Meksiko juga harus berakhir imbang.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Lolos dari runner up grup karena Argentina menang selisih 1 gol dari Arab Saudi yang sama-sama mengoleksi 4 poin.

Jika Argentina draw lawan Polandia dan Meksiko menang melawan Arab Saudi bagaimana? Hasil tersebut tetap bisa membawa tim Tango lolos asalkan Meksiko tidak menang dengan margin gol lebih dari tiga gol dari Arab Saudi. Jadi masih menang selisih gol meskipun poin sama dengan Meksiko setelah menang dari Saudi.

3. Argentina Tersingkir
Argentina bisa pulang dulu apabila kalah dari Polandia, berapapun skornya. Dan apapun hasil Arab Saudi vs Meksiko.

Baca Juga:  Marselino Dikabarkan Jalani Tes Diklub Lama Kevin De Bruyne

Jika draw lawan Polandia, Argentina bisa tersingkir jika di pertandingan lain Arab Saudi berhasil mengalahkan Meksiko. Jika skenario ini terjadi, maka, Saudi lolos sebagai juara grup (6 poin), diikuti Polandia dengan koleksi 5 poin. Sedangkan dari Argentina di posisi tiga dengan empat poin.

Dan jika seri kontra Polandia, Argentina juga bisa tersingkir jika di pertandingan lain Meksiko meraih kemenangan atas Arab Saudi dengan skor 4-0 atau lebih.

Jika nantinya skenario bisa terjadi, Polandia lolos sebagai juara grup dengan perolehan 5 angka poin diikuti Meksiko yang meski sama-sama mengoleksi 4 poin dengan Argentina, namun unggul dalam selisih gol.

close