Media Thailand Sebutkan Kebobrokan Timnas Indonesia Dan Masa Depannya

Rangking FIFA Timnas Indonesia Bakal Meroket Andai Kalahkan Curacao
Rangking FIFA Timnas Indonesia Bakal Meroket Andai Kalahkan Curacao

AISSEKIYA – Ada ulasan yang menarik dari Media Thailand. Menurut media tersebut bahwa timnas Indonesia dalam keadaan bobrok. Jadi tidak akan bersinar, bahkan memberikan prediksi masa depan timnas Indonesia akan suram di pentas ASEAN dan Asia.

Media Thailand, Main Stand sebutkan politik menjadi salah satu faktor yang membuat timnas Indonesia akan tetap jalan di tempat.

Dari waktu ke waktu, politik sepak bola menjadi bom waktu untuk kemajuan sepak bola itu sendiri.

Dalam dua decade terakhir, ada tiga turbulensi besar yang membuat sepak bola Indonesia semakin terpuruk.

Pertama adanya dualism federasi dan kompetisi terjadi di tahun 2011. Politisi masuk merusak stabilitas sepakbola tanah air.

Baca Juga:  Ini Alasan Shin Tae-yong Kenapa Muhammad Rafli Tetap Dipanggil Timnas Indonesia

Dampak dari pertarungan para politisi di dunia sepak bola tanah air mencapai puncak pada tahun 2015.

PSSI akhirnya mendapatkan sanksi keras FIFA karena ikut campur pemerintah setelah carut marut sejak 2011 tak kunjung redam.

Yang paling terakhir, ada sebutan kebangkitan semu. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kebangkitan Timnas Indonesia di era Edy Rahmayadi dengan mendukung sang pelatih Luis Milla. Jadi kebangkitan tersebut tidaklah berhasil di tahun 2017.

Saat ini, PSSI dan timnas Indonesia disebut mulai berada di jalur benar. Seperti kedatangan Shin Tae-yong disebut menjadi faktor pendukung. Keadaan saat ini bisa semakin membaik asal politisi tidak masuk dalam kancah sepak bola.

Baca Juga:  Ondrej Kudela Pamer Jersey Persija Di Depan Diplomat Ceko

Gian Chansri Chawla, penulis sepak bola berada di London, Inggris sebutkan bahwa generasi muda Garuda tunjukkan tanda yang cerah di Asia Tenggara. Tak menutup kemungkinan di kancah Asia juga.

Gian sebutkan, tahun 2023 ini menjadi titik balik skuad Garuda. Selain karena jadi tuan rumah di piala Dunia U-20 2023, tim Garuda kembali masuk dalam turnamen Piala Asia 2023 setelah 16 tahun vakum.

Baca Juga:  Messi Thailand Alami Cedera Saat Lawan Malaysia Di Kings Cup

Adapun faktor yang baik pendukung sepak bola Indonesia adalah banyaknya generasi muda yang bagus-bagus. Seperti banyaknya pemain Indonesia bersinar di kancah luar negeri, memicu gairah besar para generasi muda.

Generasi muda tanah air disebutkan cukup menjanjikan. Jika memang bisa berada di jalur ini, diyakini bisa sabet gelar Piala AFF yang dimana belum pernah didapatkan. Walaupun bersanding dengan generasi emas Vietnam dan Thailand.

Akan tetapi jika tidak berhasil, karena urusan politik lagi bisa jadi kebangkitan palsu bakal terjadi lagi.

close