Media Korea: Asnawi Mangkualam Setara Dengan Son Heung-min, Miliki Pengaruh Besar

Asnawi Mangkualam
Media Korea: Asnawi Mangkualam Setara Dengan Son Heung-min, Miliki Pengaruh Besar

AISSEKIYA Salah satu media Korea Selatan yakni Sport-G di buat heran dengan jumlah supporter Indonesia yang datang ke Stadion Wa Ansan.

Semenjak Asnawi Mangkualam bermain untuk Ansan Greeners, para WNI yang ada di Korea Selatan memang selalu menyempatkan waktu untuk memberikan dukungan secara langsung kepada pemain asli Makassar ini.

Para supporter Indonesia juga datang ketika Ansan Greeners berhasil menang telak dengan skor 3-0 atas Jeongnam Dragons. Di laga tersebut, Asnawi Mangkualam juga ikut menyumbang satu gol untuk Ansan Greeners. Ini merupakan gol kedua Asnawi bersama klub kasta ke 2 Korea Selatan ini.

Baca Juga:  Pemanggilan M Rafli ke Timnas Indonesia Menjadi Bahan Perbincangan

Pada saat itu juga, Ansan Greeners mengadakan Indonesian Day sehingga banyak WNI yang datang ke Stadion Wa. Salah satu media Korsel, Sport-G pun menyoroti fenomena ini. Indonesia Day kali ini tak seperti biasanya karena supporter yang datang jauh lebih banyak.

“Tiket di jual terpisah ada yang dari komunitas Indonesia di Korea. Terdapat sekitar 3.019 penonton, di mana yang 1700 sampai 1800 dijual melalui komunitas. Apabila menghitung orang yang membeli tiket secara langsung, maka jumlahnya jauh melebihi itu,” terang salah satu ofisial Ansan Greeners.

Baca Juga:  PSSI Ajak Timnas 2 Bulan ke Eropa, Kabar Ini Bisa Buat Thomas Doll Naik Pitam

Sport-G heran dengan jumlah sebanyak ini. Pasalnya jumlah penduduk Indonesia di kota Ansan hanya berjumlah 960 orang.

“Bagaimana bisa jumlah penonton sangat besar? Sebagai catatan, jumlah orang Indonesia di Ansan sekitar 960 orang saja.”

“Ini bukan jumlah yang sedikit, namun masih jadi pertanyaan bila kita di bandingkan dengan jumlah tiket terjual,” tulis media Korsel tersebut.

Hal ini menunjuka bahwa banyak orang yang datang dari luar kota untuk menonton Asnawi Mangkualam.

“Orang-orang Indonesia datang ke Korea Selatan untuk bekerja, dan setiap provinsi ada organisasinya. Dan kami punya populasi yang multikultural, rumah makan Indonesia juga ada banyak di sini.”

Baca Juga:  Di Bawah Pelatih Baru, Persik Kediri Masih Belum Alami Peningkatan

“Karena itu, pada akhir pekan orang Indonesia banyak datang ke sini, untuk menemui temannya dan sebagainya,” ujar ofisial Ansan Greeners.

Official Ansan Greeners pun tak sungkan mengatakan bahwa pengaruh Asnawi bagi Indonesia sudah seperti Son Heung-min bagi Korea Selatan.

“Dari sudut pandang orang-orang Indonesia, Asnawi memiliki status mirip dengan Son Heung-min di Korea. Ia (Asnawi) berhasil mempromosikan merk Ansan ke komunitas-komunitas Indonesia,” tambahnya.

close