Bek Persija Marco Motta, Kagum dengan Budaya Cium Tangan di Indonesia

  • Bagikan
Ekspresi Marco Motta pemain persija lain mencium tangannya

Marco Motta, bek Persija Jakarta eks Juventus kagum dengan budaya cium tangan di Indonesia. Ia menyebutkan bahwa budaya cium tangan tak ada Eropa, tempatnya berasal.

Kejadian salim dan cium tangan didapatkan Motta saat ia bermain untuk Persija Jakarta melawan Geylang United. Dalam uji coba yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, 23 Februari yang lalu, pemain Persija, Resky Fandi melakukan salim dan mencium tangan Motta.

Bahkan, tak lama setelah kejadian itu, Motta mengunggah sebuah foto di Instagram dengan sebuah deskripsi memuji sikap Resky Fandi.

BACA JUGA:  Menyusul Thailand & Philipina, Haruskah Indonesia Mundur Dari Piala AFF 2020

“Sebagai orang barat, gerakan ini sangat mengejutkan saya karena tidak lazim dalam budaya kita. Saya sangat menyukai budaya anda dan saya sangat menghargainya. Sepak bola adalah kunci saya untuk mengetahui dunia,” tulis Marco Motta di akun Instagram pribadi miliknya.

“Sebagai orang barat, gerakan ini sangat mengejutkan saya karena tidak lazim dalam budaya kami. Tapi sekarang saya sudah tahu dan saya menyukainya,” kata pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut.

BACA JUGA:  Syah! AHHA PS Pati Resmi Launching

Karier Motta memang selama ini dihabiskan di Eropa. Meski sejatinya ia kerap berpindah-pindah negara. Sebelum bermain di Indonesia, ia sempat merajut asa di klub Siprus, Omonia.

Kerap berpindah negara membuat Motta mempelajari berbagai budaya baru di dunia. Khusus di Indonesia, eks AS Roma itu memuji orang Indonesia yang ramah dan penuh sopan santun.

“Kini saya akan belajar dan memahami budaya baru yang ada di negara ini. Apalagi orang di Indonesia yang saya jumpai di sini sangat sopan dan ramah meskipun baru saya kenal,” lanjut pemain berusia 34 tahun tersebut.

BACA JUGA:  Debut Bersama Newcastle Jets, Syahrian Abimanyu Hampir Cetak Gol

Marco Motta menjadi pemain penting Persija Jakarta di posisi bek kanan. Ia menggantikan Ismed Sofyan yang telah berusia senja.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close