Manajer Timnas U19 Tanggapi Balasan Protes ke AFF : Oke Fix, Tak Ada Masalah

Endri Erawan
Manajer Timnas U19 Tanggapi Balasan Protes ke AFF : Oke Fix, Tak Ada Masalah

AISSEKIYA SPORT – Manajer timnas U19 Indonesia, Endri Erawan, mengatakan kalau PSSI sudah menerima tanggapan dari AFF perihal pertandingan yang mempertemukan antara Thailand dan Vietnam di Piala AFF U19 2022 lalu.

“Kami sangat berterima kasih pada AFF lantaran sudah memberikan tanggapan dari surat yang dilayangkan oleh PSSI. Selepas adanya surat dari pihak AFF ini, kami memutuskan untuk menerima keputusan tersebut,” ungkap manajer timnas U19 Indonesia, Endri Erawan seperti dikutip situs resmi PSSI.

Endri mengutarakan jika PSSI melayangkan surat protes ke AFF lantaran ingin mengungkapkan keraguan mereka atas jalannya laga Thailand melawan Vietnam di babak Grup A Piala AFF U19 2022.

Baca Juga:  Jadi Ladang Pembantaian Brasil vs Korea, Stadion 947 Resmi Dibongkar

“Surat itu pada dasarnya hanya mempertanyakan apakah pertandingan tersebut berjalan sebagaimana mestinya atau tidak. Sekarang semuanya sudah jelas serta tak ada masalah,” imbuh Endri.

Asosiasi Sepakbola ASEAN [AFF] akhirnya memberi tanggapan atas surat PSSI mengenai pertandingan antara Thailand melawan Vietnam di babak Grup A Piala AFF U19 yang dihelat di Stadion Madya, 10 Juli 2022.

Kala itu, PSSI menilai bahwa pertandingan tersebut dinilai tak berjalan sesuai fairplay, terutama diatas menit 80’ ketika Thailand dan Vietnam terlihat enggan untuk menyerang.

Baca Juga:  Demi Juara, Argentina Bertekad Pulangkan Belanda Dari Piala Dunia

Sampai akhirnya laga tersebut berkesudahan dengan skor imbang 1-1. Dampaknya, timnas U19 Indonesia gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U19 2022.

Kemudian, pihak PSSI mengiriman surat ke AFF guna mempertanyakan apakah pertandingan tersebut berjalan sesuai fairplay atau tidak.

Perjalanan timnas U19 Indonesia di Piala AFF U19 2022 hanya sampai babak grup lantaran regulasi yang dipakai AFF. Agar bisa menentukan negara yang lolos kalau mengumpulkan poin yang serupa ialah memakai regulasi head to head.

Timnas Indonesia hanya bermain imbang tanpa gol ketika melawan Vietnam dan Thailand di babak grup.

Baca Juga:  Gaya Anti Mainstream Neymar Saat Rayakan Kemenangan Brasil Atas Korea

Sementara itu di surat tanggapan oleh AFF menunjuk Sports Radar demi menyaksikan munculnya indikasi kecurangan pada suatu pertandingan. Pihak AFF juga telah mengundang ahli analisis teknis agar bisa memberi masukan lalu mempelajari laporan perangkat dan pengawas pertandingan.

Tidak hanya itu saja, AFF minta masukan dari Ketua Komite Disiplin [Komdis] AFC yang juga berstatus sebagai Ketua Komite Hukum AFF.

Dengan seluruh masukan di atas, sudah disimpulkan kalau tak ada regulasi yang dilanggar pada 12 menit akhir antara Thailand dan Vietnam.

close