Liverpool Tumbang di Kandang Southampton, Jurgen Klopp: Harusnya Kami Dapat 2 Pinalti

  • Bagikan

pelatih Liverpool, Jurgen Klopp 

Southampton secara luar biasa sukses mengalahkan tim pemuncak klasemen, Liverpool dengan skor 1-0 dalam laga Premier League 2020/21 pekan ke-17 di St. Mary’s, Selasa (5/1/2021) dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan Southampton notabene dicetak oleh eks striker Liverpool, Danny Ings ketika pertandingan baru berjalan dua menit.

Berkat hasil ini, Liverpool masih menduduki posisi puncak klasemen meski kini berpotensi disalip Manchester United. Sementara itu, Southampton sukses naik ke posisi enam dengan poin 29.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

Jalannya Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan kurang dari dua menit, Liverpool sudah harus tertinggal setelah gawang Alisson Becker dibobol oleh eks striker mereka, Danny Ings.

Meneruskan assist free kick James Ward-Prowse yang gagal dihalau Trent Alexander-Arnold, Ings dengan cerdik melepas tendangan lob ke tiang jauh tanpa bisa diantisipasi Alisson.

Liverpool pun berusaha langsung membalas. Sayang, penyelesaian akhir Roberto Firmino masih menyamping dari gawang Southampton yang dikawal Fraser Forster.

Tim tamu terus berusaha untuk meneror pertahanan Southampton. Sayang, belum ada gol penyeimbang yang didapat hingga laga memasuki jeda turun minum.

BACA JUGA:  New Normal, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Buka Kembali Rumah Ibadah Jakarta

Jalannya Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, Liverpool tak mengendurkan tekanan mereka. Sayang, peluang yang didapat The Reds di awal babak kedua harus berakhir sia-sia.

Memasuki menit ke-51, beberapa pemain Liverpool meminta hadiah penalti kepada wasit Andre Marriner usai tembakan Georginio Wijnaldum mengenai tangan Jack Stephens. Usai berkonsultasi dengan tim VAR, Marriner memutuskan tak menghadiahkan penalti untuk Liverpool.

Semakin frustrasi dengan kebuntuan timnya, Jurgen Klopp pun menurunkan Xherdan Shaqiri. Serangan Liverpool pun menjadi semakin berbahaya.

Meski demikian, sederet peluang matang yang didapat Liverpool gagal dimaksimalkan menjadi gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Southampton pun bertahan hingga laga usai.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengecam wasit Andre Marriner dan ofisialnya setelah timnya tidak dihadiahi dua tendangan penalti ketika kalah 0-1 dari Southampton pada pekan ke-17 Premier League di St. Mary’s Stadium, Selasa (5/1/2021) dini hari WIB.

Klopp menilai, Liverpool seharusnya mendapatkan tendangan penalti ketika sepakan Gerginio Wijnaldum mengenai tangan bek Southampton, Jack Stephens di kotak penalti pada menit ke-51. Andre Marinner tidak menganggap kejadian itu sebagai pelanggaran meski telah mengecek Video Assistant Referee (VAR).

BACA JUGA:  Tik Tok Sumbang RP 100 Milyar Untuk Bantu Menangani Virus Corona Di Indonesia

“Kami memiliki keyakinan yang bagus soal kejadian itu. Saya bertanya kepada ofisial keempat dan bertanya, ‘maukah Anda memeriksanya?’ dan dia menjawab ‘kami sudah memeriksanya, tidak ada penalti’. Itulah kejadian yang sebenarnya,” kata Klopp dinukil dari Liverpool Echo.

“Sekarang, seseorang ingin memberitahu saya seberapa banyak mereka memiliki sudut pandang yang berbeda. Mereka bilang sudah 100 persen mengecek VAR dan tidak ada penalti,” jelas Klopp.

Kejadian Kedua

Pemain Liverpool Sadio Mane (kanan) mengambil bola dari pemain Southampton Yan Valery pada pertandingan Liga Inggris di St Mary’s Stadium, Southampton, Inggris, Senin (4/1/2021). Southampton menang 1-0 atas Liverpool. (AP Photo/Noami Baker,Pool)

Kemudian Klopp juga tidak habis pikir dengan keputusan Andre Marinner yang bergeming terhadap tekel Kyle Walker-Peters terhadap Sadio Mane pada menit ke-58. Arsitek asal Jerman itu menganggap kepemimpinan sang wasit banyak merugikan Liverpool.

BACA JUGA:  Demi Naikkan Popularitas, Petinggi Liga Belanda Ingin Undang Bali United Jadi Kontestan Eerste Divisie

“Apa yang dilakukan Andre Marriner terhadap Sadio Mane pada pertandingan itu, saya yakin, itu bukan hal yang baik-baik saja,” tutur Klopp.

Mane kembali terlibat duel dengan Walker-Peters pada pengujung babak kedua, namun kejadian itu terjadi di bibir kotak penalti.

“Ada beberapa situasi yang seharusnya menghasilkan tendangan bebas untuk kami,” ucap manajer asal Jerman tersebut.

“Kejadian lainnya ketika Mane dijatuhkan oleh Walker-Peters, Anda lihat punggung Mane. Walker-Peters menjatuhkan Mane dengan kaki kirinya dan itu seharusnya penalti lagi. Namun, kami tak bisa mengubahnya sekarang,” imbuh Klopp.

Susunan Pemain

Southampton: Fraser Forster; Kyle Walker-Peters, Jan Bednarek, Jack Stephens, Ryan Bertrand; Moussa Djenepo (Nathan Tella 32′), James Ward-Prowse, Ibrahima Diallo, Stuart Armstrong; Theo Walcott (Yan Valery 82′), Danny Ings (Daniel N’Lundulu 77′).

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold (James Milner 77′), Jordan Henderson, Fabinho, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Alex Oxlade-Chamberlain (Xherdan Shaqiri 57′), Thiago; Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino.

  • Bagikan