Liga Baru Mulai Banyak Keputusan Kontroversi, PSSI Akan Investigasi Kinerja Wasit

Liga Baru Mulai Banyak Keputusan Kontroversi, PSSI Akan Investigasi Kinerja Wasit
Liga Baru Mulai Banyak Keputusan Kontroversi, PSSI Akan Investigasi Kinerja Wasit

AISSEKIYA Liga 1 Indonesia baru saja bergulir sabtu lalu. Namun meski baru pekan pertama, banyak tim yang mengeluhkan keputusan-keputusan wasit yang di anggap merugikan salah satu pihak.

Hal ini pun langsung di respon dengan cepat oleh Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan akan segera melakukan investigasi kinerja wasit di pekan perdana BRI Liga 1.

Sejauh ini, ada dua pertandingan yang di anggap penuh kontroversi. Pertama ialah pertandingan Big Match antara Bali United versus Persija Jakarta dan yang kedua laga antara PSIS Semarang versus RANS Nusantara.

Baca Juga:  Seiya Da Costa, Pemain Keturunan Jepang Jebolan Akademi Arema FC Sembuh Dari Cidera

Seperti yang di ketahui, laga antara PSIS Semarang kontra RANS Nusatara berlangsung sangat panas.

Pihak RANS Nusantara menilai bahwa keputusan wasit untuk memberikan hadiah pinalti kepada PSIS Semarang tidaklah tepat.

Rahmat Dermawan pun langsung melakukan protes pada saat wasit memutuskan untuk memberikan hadiah pinalti kepada PSIS.  Coach RD pun meyakini bahwa itu seharusnya bukan pinalti.

Jika di lihat dari tayangan ulang, Oktavianus Fernando jatuh sendiri tanpa adanya dorongan dari David Laly. Di tayangan ulang, O. Fernando terlihat sudah kehilangan keseimbangan dan akhirnya terjatuh dengan sendirinya.

Baca Juga:  Bicara Peluang Klasemen Sementara Runner Up Terbaik Piala AFF U-16 2022, Vietnam Paling Atas

Protes keras pun langsung di lancarkan Coach RD dan para pemain cadangan RANS Nusantara. Namun, wasit Yeni Krisdianto tidak mengubah keputusannya dan tetap memberikan pinalti kepada PSIS.

Kejadian yang mirip juga terjadi pada laga antara Bali United melawan Persija Jakarta. Pada saat laga baru berjalan 10 menit, para pemain Persija langsung mengepung wasit Fariq Hitaba karena tidak memberikan pinalti.

Para pemain Persija tersebut melakukan protes yang cukup keras karena menganggap bahwa I Made Andika Wijaya melakukan handball di kotak pinalti.

Di lihat dari tayangan ulang, I Made Andika Wijaya memang melakukan handball ketika mencoba melakukan halauan umpan silang bek Persija, Firzha Andika.

Baca Juga:  Ketika Pemain Sepakbola Wanita Terbaik Dunia Idolakan Pemain Putri Asal Temanggung

Setelah laga selesai, pelatih Persija, Thomas Doll langsung memberikan komentar negative mengenai kepemimpinan wasit. Menurut pelatih asal Jerman tersebut, keputusan wasit sangat  buruk dan merugikan timnya.

Karena hal itulah, Mochamad Iriawan berniat untuk segera melakukan investigasi. Dalam sesi wawancara, Iwan Bule (sapaan akrab Mochamad Iriawan) mengatakan akan menyerahkan semuanya kepada komite wasit.

close