Kritik Shin Tae-yong Berbuah Manis, Dua Striker Lokal Sudah Cetak Brace

Kritik Shin Tae-yong Berbuah Manis, Dua Striker Lokal Sudah Cetak Brace
Kritik Shin Tae-yong Berbuah Manis, Dua Striker Lokal Sudah Cetak Brace

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengeluarkan kritik pada klub Liga 1 yang lebih memilih mempercayai striker asing dan mencadangkan striker lokal.

Situasi tersebut membuat pelatih asal Korea Selatan tersebut kesulitan untuk mencari striker yang bisa jadi tumpuan di barisan lini depan timnas Indonesia.

Hasilnya, timnas Indonesia selalu kesulitan bersaing di level internasional akibat ketiadaan goal-getter di lini depan.

“Memang masalah paling besar di Liga Indonesia itu ada di sektor bek dan striker yang selalu diisi pemain asing,” ujar Shin (21/7/2022).

Tak lupa pelatih Korea tersebut juga menekankan pembinaan usia dini agar bisa mencetak striker-striker tajam yang bisa bersaing dengan striker asing.

Baca Juga:  Kabar Baik, Top Skorer Dan Kiper Vietnam Gagal Tampil Di Partai Final Piala AFF U16 2022

“Dari pembinaan usia dini juga seharusnya Indonesia bisa membuat penyerang yang baik.”

Keluhan Shin Tae-yong mengenai minimnya striker lokal di Indonesia dijawab oleh dua penyerang yang tampil gacor di Liga 1 2022/23.

“Tetapi sampai sekarang nyatanya tidak bisa,” ujar Shin Tae-yong menambahkan.

Kini, seakan didengar, dua striker lokal langsung unjuk gigi dengan dua gol masing-masing yang mereka cetak. Meteka adalah Ahmad Nur Hardianto (Borneo FC) dan Septian Bagaskara (Rans Nusantara FC).

Ahmad Nur Hardianto dan Septian Bagaskara mencetak dua gol di Liga 1, menjawab tantangan Shin Tae-yong pada striker lokal.

Ahmad Nur Hardianto menjadi pemain lokal pertama yang mencetak dua gol saat Borneo FC membantai Arema FC pada pekan pertama (24/7/2022).

Baca Juga:  Timnas U-16 Lolos Final, Bima Sakti Ingatkan Kiper Andrika Rachman Tak Bikin Blunder Lagi

Dalam lima menit pertama, ia dua kali menanduk umpan silang dari Terens Puhiri dan Fajar Fathurrahman untuk membuat timnya memimpin 2-0.

Striker berusia 27 tahun itu diuntungkan dengan trait penyerang asing Borneo FC Matheus Pato yang lebih suka bergerak melebar atau ke belakang.

Tak kalah dengan Ahmad Nur Hardianto, Septian Bagaskara juga sudah mencetak dua gol untuk Rans Nusantara FC saat mengimbangi PSS Sleman dengan skor 3-3 (29/7/2022).

Gol pertama Bagaskara dicetak dengan tehnik flick menyambut umpan silang Ady Setiawan. Sedangkan gol kedua, ia seakan menjelma Filippo Inzaghi dengan berada di tempat yang tepat saat bola kemelut di muka gawang.

Baca Juga:  Breaking News: Robert Alberts Resmi Mundur dari Kursi Kepelatihan Persib Bandung

Berbeda dengan Hardianto, Bagaskara ditunjuk menjadi ujung tombak Rans lantaran klubnya belum memiliki striker asing.

Striker berusia 24 tahun itu kini akan bersaing dengan Wander Luiz yang baru datang untuk menjadi striker utama Rans.

Baik Ahmad Nur Hardianto maupun Septian Bagaskara telah melakukan start sempurna dengan mencetak brace di Liga 1 bersama klubnya masing-masing.

Namun, mereka memerlukan konsistensi agar bisa menyamai masa keemasan Bambang Pamungkas dan Boaz Solossa, serta agar bisa dipanggil Shin Tae-yong.

close