Komdis PSSI Ungkap Alasan Hukum Todd Ferre Larangan Bermain 1 Tahun

  • Bagikan
Komdis PSSI Ungkap Alasan Hukum Todd Ferre Larangan Bermain 1 Tahun
Komdis PSSI Ungkap Alasan Hukum Todd Ferre Larangan Bermain 1 Tahun

Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Erwin Tobing membenarkan bahwa pihaknya menghukum Rivaldo Todd Ferre berupa larangan bermain selama setahun.

Hukuman itu diberikan kepada gelandang Persipura akibat tingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan ketika melawan Bali United dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022 pada 5 November 2021.

“Betul, kami jatuhkan hukuman untuk Todd Ferre pada 17 November 2021,” kata Erwin ketika dihubungi Bola.com, Rabu (24/11/2021).

Erwin mengungkapkan Todd Ferre melanggar Kode Disiplin PSSI Pasal ke-50 Ayat 1 Poin B tentang Tingkah Laku Buruk terhadap Perangkat Pertandingan.

BACA JUGA:  Fakta Greysia/Apriyani Jelang Tempur Lawan Ganda Malaysia

“Dia melakukan tindakan yang sangat tidak sportif dan sangat tidak fair play dengan melakukan protes yang berlebihan, berkata tidak pantas, memukul wasit, dan mengejar lalu mau memukul wasit lagi,” jelas Erwin.

Bunyi dari pasal itu masih berkorelasi terhadap hukuman dari Komdis untuk Todd Ferre. Perbuatan pemain berusia 22 tahun tersebut diancam dengan sanksi minimal enam bulan.

BACA JUGA:  Setelah Penantian Panjang, Jonatan Christie Bawa Indonesia Juara Thomas Cup 2021

Pasal 50 Tingkah Laku Buruk terhadap Perangkat Pertandingan Kode Disiplin 2018 di Situs PSSI

  1. Termasuk sanksi skors secara otomatis yang timbul sebagaimana yang dimaksudkan Pasal 15 ayat 4 Kode Disiplin PSSI ini, maka jumlah sanksi skors secara keseluruhan terhadap siapa pun yang menerima kartu merah dalam keadaan-keadaan tertentu adalah sebagai berikut:
    b. Sekurang-kurangnya selama 6 (enam) bulan karena melakukan penyerangan (dengan menyikut atau memukul atau menendang dan sebagainya) terhadap perangkat pertandingan.
BACA JUGA:  Lini Depan Tumpul, Persib Ditahan Imbang Persikabo

Erwin menjamin bahwa Komdis tidak pandang bulu dalam menjatuhkan hukuman, termasuk untuk kasus Todd Ferre. Sanksi berat diberikan karena pemain muda terbaik Liga 1 2019 itu patut divonis dengan pasal ke-50 ayat 1 poin b.

“Kami menjatuhkan sanksi itu ada dasarnya, sesuai Kode Disiplin. Kami tidak mengada-ada. Saya mengimbau kepada pemain, kalau dia pesepak bola, maka bermain sepak bola.”

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close