Komdis PSSI Resmi Hukum 5 Pemain Perserang

  • Bagikan
5 pemain Perserang resmi dijatuhi sanksi karena terlibat pengaturan skor

Ketua Komite Disiplin (Komdis) PSSI, Erwin Tobing resmi mengumumkan hukuman yang diberikan untuk lima pemain Perserang Serang lantaran terlibat percobaan suap.

Kelima pemain tersebut diduga terlibat pengaturan skor untuk pertandingan Liga 2 2021-2022 yang melibatkan klub milik Raffi Ahmad, RANS Cilegon FC.

Kelima pemain tersebut adalah Eka Dwi Susanto, Fandy Edy, Ade Ivan Hafilah, Ivan Juliyandhi dan Aray Suhendri.

Mereka terlibat dalam percobaan suap untuk mengatur skor pada laga Perserang Serang vs RANS Cilegon FC yang dijanjikan oleh seseorang melalui telepon.

Meski demikian, kelima pemain tersebut tak jadi melakukan perintah lantaran kekurangan jumlah pemain hungga skor imbang 0-0 dan para pemain tidak dikirim sejumlah uang yang dijanjikan oleh Mr. X. Namun, Komdis PSSI tetap menilai aksi ini sebagai dugaan percobaan suap

BACA JUGA:  Aksi Tengil Kevin Diprotes Lawan Berakibat Kartu Kuning

Kelima pemain tersebut akhirnya mendapat sanksi hukuman berbeda. Erwin menjelaskan, kelima pemain tersebut mendapat hukuman berbeda lantaran kelimanya mempunyai peran aktif dan pasif. Maksudnya, jika aktif sang pemain ikut mengajak pemain lain, kalau pasif sang pemain hanya diam tapi cenderung menyetujui.

“Sesuai dengan pasal 64 Komdis PSSI, Eka (Dwi Susanto) diberi hukuman larangan beraktivitas di segala macam sepakbola, denda, dan tidak boleh memasuki stadion. Eka juga tidak bisa bermain selama 60 bulan/5 tahun, dan denda Rp30 juta,” ucap Erwin kepada awak media, Rabu (3/11/2021).

BACA JUGA:  Shin Tae-yong Siap Tanggung Jawab Hasil Timnas Indonesia di Piala AFF

“Kepada Fandy, kami jatuhi hukuman 48 bulan/ 4 tahun tidak boleh bermain dalam sepakbola, denda Rp20 juta dan larangan memasuki stadion selama 48 bulan/4 tahun,” sambungnya.

“Saudara Ade Ivan Hafilah hukumannya lantaran mengajak yang lain, ia kita hukum 36 bulan/3 tahun tidak boleh beraktivitas dalam sepakbola, denda Rp15 juta dan 3 tahun tidak boleh masuk stadion,” tambahnya.

“Aray Suhendri dijatuhkan hukuman 24 bulan/2 tahun lantaran ia pasif. Larangan beraktivitas sebagai pemain, denda Rp10 juta dan tidak bisa memasuki stadion selama 2 tahun,” tambahnya lagi.

BACA JUGA:  Ribuan Suporter Bubar dan Kibarkan Tisyu Putih Saksikan Manchester United Digilas Liverpool

Sejauh ini, Komdis PSSI menilai belum ada bukti keterlibatan RANS Cilegon FC dalam kasus ini. Selebihnya, pihaknya akan kembali mendalami kasus ini bersamaan dengan pihak kepolisian.

“Yang tidak disebut tidak akan dipanggil, jadi kami hanya memeriksa terduga yang ada di dalam surat pengaduan.

Kami tidak memeriksa RANS Cilegon lantaran tidak ada dalam surat, akan tetapi kalau ada dugaan itu, kami akan mendalaminya bersama dengan pihak kepolisian,” tutup Erwin.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close