Kisah Pilu Andries Noppert, Kiper Timnas Belanda Yang Menawan Lawan Senegal Semalam

Belanda dikenal menjadi salah satu negara yang memiliki kiper dengan talenta yang menawan. Setelah era Edwin Van der Sar usai, kini muncul nama Andries Noppert.

Namun siapa sangka ternyata terdapat kisah pilu dibalik menawannya kiper Timnas Belanda, Andries Noppert sebelum merengkuh kesuksesan bersama Der Oranje.

Meski baru pertama kali tampil, namun performa Andries Noppert menuai pujian saat bermain di bawah asuhan Louis Van Gaal.

Performa gemilang dari Andries Noppert sukses membuat gawang Timnas Belanda tetap perawan saat menghadapi Senegal untuk mengantarkan kemenangan dengan skor 2-0.

Kisah Pilu

Sebelum berhasil menjadi seorang penjaga gawang Timnas Belanda, karir Andries Noppert nyaris tak terdengar.

Baca Juga:  Marselino Dikabarkan Jalani Tes Diklub Lama Kevin De Bruyne

Bahkan kehidupan kiper kelahiran Heerenveen, 7 April 1994 silam itu bisa dikatakan sangat memilukan dan penuh dengan cobaan.

Meski memiliki postur yang tinggi besar, namun siapa sangka jika Noppert seringkali menjadi korban pembullyan oleh orang-orang sekitarnya.

Namun beruntungnya, pembullyan itu tak membuat pemilik tinggi badan 203 cm menjadi minder dan tetap terus yakin dengan impiannya menjadi kiper nomor satu di Belanda.

Menjadi Pengangguran

Titik nadir Noppert terjadi pada tahun 2020 lalu. Saat itu penampilannya bersama salah satu klub divisi 2 Eredivisie, FC Dordrecht.

Bersama FC Dordrecht, Noppert tercatat hanya membukukan penampilan sebanyak 2 kali saja di semua ajang.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Cedera lutut membuat Noppert harus menepi dan hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya di pinggir lapangan.

Lantaran performanya yang menurun drastis pasca cedera, Andries Noppert dilepas oleh FC Dordrecht pada transfer musim panas 2020 silam.

Karena menganggur, pihak keluarga sempat membujuk agar Noppert gantung sarung tangan alias pensiun dini dari sepak bola.

Penyelamat Noppert

Kisah pilu dibalik menawannya kiper Timnas Belanda, Andries Noppert ini mungkin tak akan terjadi jika saja ia tak bertemu dengan Kees Van Wonderen.

Kees Van Wonderen merupakan seorang pelatih dari klub kasta kedua Liga Belanda, Go Ahead Eagles yang akhirnya mengontrak Noppert setahun.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Bersama Go Ahead Eagles, Noppert mulai kembali menata mimpinya untuk bisa menjadi kiper utama Timnas Belanda.

Saat Van Wonderen hijrah ke klub kasta pertama Liga Belanda, Heerenveen, ia turut membawa Noppert bersamanya.

Bersama Heerenveen lah performa Andries Noppert berkembang luar biasa sehingga menarik minat Louis van Gaal untuk memboyongnya ke timnas.

Terbukti keputusan Louis van Gaal tak salah, kini di tangan Noppert lah laju Timnas Belanda berada.***

close