Keputusan Wasit Jadi Sorotan, Tendangan Jose Wilkson Harusnya Gol?

  • Bagikan
Tendangan bebas pemain Persebaya dianukir wasit

Keputusan wasit dalam pertandingan Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan, Kamis (21/10/2021) mendapat sorotan. Terutama saat insiden tendangan bebas pemain asing Bajol Ijo, Jose Wilkson.

Persebaya mendapat hadiah freekick pada menit ke-33 dan Jose Wilkson bertugas sebagai eksekutor. Nah, sepakah itu cukup keras sehingga bola tetap bergerak ke gawang meski sempat ditepis kiper Persela.

Dari sudut kamera, bola seperti sudah melewati garis gawang. Namun, Mustafa Umarella selaku wasit tidak bergeming meski kejadian cukup dekat dengan jarak pandangnya.

Ia memilih play-on yang kemudian dimanfaatkan Persela untuk menjadi gol Ivan Carlos.

BACA JUGA:  Ajak Duel Egy MV, Pemain Jepang Dihujat Netizen

“Bola tendangan bebas udah jelas-jelas lewatin garis , pas counter attack Ivan Carlos udah jelas-jelas offside. Lawak-lawak,” tulis @prima*.

“Sudah gol padahal,” tulis @__agu***.

“Tendangan bebas Wolkson gol woe! Putar 100 kali ya,” tulis @andi_****.

Di sisi lain, momen tersebut memang cukup sulit bagi Mustafa Umarella untuk memutuskan karena kejadian begitu cepat dan bola tidak melewati garis dengan jelas.

Sebagai informasi, aturan gol adalah bola harus melewati garis lapangan secara penuh. Jika ada sedikit saja bagian bola yang masih berada di atas garis, maka belum dianggap gol.

BACA JUGA:  Persiraja; klub Bisa Bangkrut Bila Liga 1 di gelar Tanpa Penonton

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, meminta komisi wasit turun tangan setelah kontroversi yang terjadi di pertandingan melawan Persela Lamongan dalam lanjutan Liga 1 2021-2022. Pasalnya, keputusan wasit yang keliru di laga tersebut membuat Persebaya gagal menang.

Pelatih Persebaya Surabaya pun murka oleh keputusan wasit asal Jakarta ini. Pasalnya, ia telah melihat tayangan ulang tendangan bebas dari Jose Wilkson. Bola nampak telah melewati garis gawang, sebelum akhirnya berhasil diamankan kembali oleh penjaga gawang Dwi Kuswanto.

“Saya sampaikan setelah masuk di ruangan ganti pemain, saya melihat foto, saya melihat siaran ulang, saya melihat kejadian bahwa yang pertama, ketika Persebaya cetak gol, 100 persen itu gol, 100 persen gol karena sudah melewati batas garis,” ucap Aji Santoso saat konferensi pers virtual, pada Kamis malam (21/10/2021).

BACA JUGA:  Raih Emas PON Papua 2021, Atlet Muaythai NTT Dijemput Pakai Pick Up

Aji juga mengkritik keputusan wasit yang mengesahkan gol dari Ivan Carlos, padahal posisi pemain asal Brasil itu sudah offside, sebelum melakukan dribbling dan menendang bola yang bersarang ke gawang Andika Ramadhani.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close