Kembalinya Gairah Supporter Timnas Bakal Jadi Ujian Mental Lawan Skuad Garuda

suporter timnas Indonesia

Indonesia mempunyai basis supporter sepak bola salah satu yang terbesar di dunia. Hal tersebut diakui oleh sebagian besar pelatih Piala AFF U-19 Grup A. Pelatih-pelatih ini menilai jika kehadiran supporter mempunyai dampak signifikan bagi pemain.

Sejak berakhirnya pandemi Covid-19 di Tanah Air, Pemerintah juga mulai melonggarkan protokol kesehatan.

Supporter setia Timnas Indonesia sudah dapat hadir secara langsung di Stadion untuk memberikan dukungan.

Diperkirakan, puluhan bahkan ratusan ribu supporter akan selalu hadir untuk memberikan dukungan penuh pada Timnas Indonesia U-19 nanti.

Shin Tae-Yong pelatih Timnas U-19 mengungkapkan jika hadirnya supporter di sini tidak hanya mempunyai dampak positif. Tetapi juga berimbas pada tim-tim lain peserta Piala AFF U-19 nantinya.

Baca Juga:  Diving Taisei Marukawa Sukses Kelabui Wasit, PSIS Dihadiahi Penalti Siluman

“Ini jelas akan jadi tambahan tenaga bagi semua pemain. Semoga setiap pertandingan di ajang AFF U-19 nanti jadi lebih bergairah.”

“Ini merupakan hal yang cukup positif. Bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga setiap tim yang bertanding.” Tutur Shin Tae-Yong, Jumat (1/7).

Sementara itu, Salvador Valero Garcia, Pelatih Timnas Thailand U-19 memberikan penjelasan mengapa dirinya bahagia melihat gairah supporter Indonesia.

Anak didiknya yang saat ini masih berusia sangat muda dapat diasah secara mental.

“Untuk saat ini, saya justru merasa sangat bahagia. Sebab ini dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para pemain.”

Baca Juga:  Ketika Pemain Sepakbola Wanita Terbaik Dunia Idolakan Pemain Putri Asal Temanggung

“Terutama terkait perkembangan karir mereka ke depannya.”ungkap pelatih berkebangsaan Spanyol itu.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Dinh The Nam, Pelatih Timnas Vietnam U-19. Dia sangat berharap para pemainnya dapat memperoleh pengalaman berharga di ajang AFF U-19 nanti. Karena akan tampil dihadapan ribuan bahkan ratusan ribu supporter tim lawan.

Thailand, Vietnam dan Indonesia masuk dalam tim-tim unggulan Grup A ajang Piala AFF U-19 ini. Sementara 3 tim lain yaitu Brunei Darussalam, Filipina dan Myanmar adalah tim “Kuda Hitam”.

Kelebihan Anak Asuh Shin Tae-Yong

Kelebihan anak asuh Shin Tae-Yong dibandingkan Vietnam dan Thailand salah satunya adalah faktor tuan rumah. Dukungan penuh ratusan ribu supporter timnas dapat menjadi suntikan motivasi dan semangat bagi Marselino Ferdinand dkk.

Baca Juga:  Parah! Aremania Teror Kembang Api Di Hotel PSS Sleman

Walaupun begitu, Timnas Indonesia U-19 tidak boleh terbawa suasana. Vietnam dan Thailand adalah tim kuat dengan sederet pemain bintang.

Kemudian ada potensi kejutan dari 3 tim “Kuda Hitam” lain di Grup A, yaitu Brunei Darussalam, Filipina dan Myanmar.

Shin Tae-Yong menuntut anak didiknya untuk selalu tampil maksimal dalam setiap pertandingan. Marselino dkk Harus bisa tampil sebaik mungkin pada ajang Piala AFF U-19 kali ini.

close