Jungkalkan Jerman, Pelatih Jepang: Ini Bukti Tim Asia Saat Ini Tidak Bisa Diremehkan

Jungkalkan Jerman, Pelatih Jepang: Ini Bukti Tim Asia Saat Ini Tidak Bisa Diremehkan
Jungkalkan Jerman, Pelatih Jepang: Ini Bukti Tim Asia Saat Ini Tidak Bisa Diremehkan

Kejutan besar kembali tersaji pada Piala Dunia 2022. Ikuti jejak Arab Saudi, Jepang hajar favorit juara Piala Dunia, Jerman.

Pertandingan pembuka babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar ini berakhir dengan dengan skor tipis 2-1 untuk kemenangan Jepang.

Tentu saja keberhasilan Jepang menyingkirkan tim raksasa seperti Jerman ini merupakan sebuah prestasi yang harus di apresiasi oleh penikmat sepak bola.

Hal ini bisa menjadi sebuah indikasi jika kekuatan sepak bola tim yang berasal dari Benua Asia tak bisa dipandang dengan sebelah mata.

Pertandingan Dramatis

Tak banyak pihak yang menyangka jika Jerman akan mengikuti jejak Argentina yang pada laga sebelumnya kalah dari Arab Saudi.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Stadion Internasional Khalifa bergemuruh saat Jerman mendapatkan hadiah pinalti dari wasit setelah kiper Jepang melakukan pelanggaran.

Ilkay Gundogan yang ditunjuk sebagai eksekutor tendangan 12 pas tak menyia-nyiakan kesempatan ini dan berhasil mencetak gol. 1-0 Jerman unggul atas Jepang.

Dengan diperkuat serangkaian pemain bintang seperti Thomas Muller, Jamal Musiala, Serge Gnabry membuat Jerman mengurung pertahanan tim Samurai Biru.

Namun krisis striker yang dialami oleh Jerman membuat mereka gagal memanfaatkan serangkaian peluang untuk memburu gol kedua.

Baca Juga:  Marselino Dikabarkan Jalani Tes Diklub Lama Kevin De Bruyne

Keunggulan 1-0 Jerman atas Jepang bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Jerman terlena dengan membiarkan para pemain Jepang bisa memegang bola, meski hanya sesaat.

Keasyikan menyerang, lini pertahanan Jerman dihukum oleh Ritsu Doan dengan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-75.

Rapatnya pertahanan dan apiknya penampilan kiper Jepang membuat Jerman tak bisa berbuat banyak.

Bukannya menambah keunggulan, Jerman justru berbalik tertinggal saat serangan balik Jepang berhasil dimanfaatkan oleh Takuma Asano untuk mencetak gol.

Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Jepang atas Tim Panser, Jerman bertahan hingga pertandingan usai.

Baca Juga:  Marselino Dikabarkan Jalani Tes Diklub Lama Kevin De Bruyne

Level Asia Standart Dunia

Kemenangan ini membuat pelatih Jepang, Moriyasu meyakini jika kini level Timnas yang berasal dari negara Asia tak bisa dianggap remeh.

Selain Timnas Arab Saudi yang berhasil menggulung Lionel Messi dan kawan-kawan, kini giliran Jepang hajar favorit juara Piala Dunia, Jerman.

Tak ragu, Moriyasu menyebutkan jika kini level tim dari Asia sudah setara dengan tim yang berasal dari Eropa dan juga Amerika Latin yang menjadi kiblat sepak bola dunia.***

close