Jika Fans Indonesia Teror Pemain, Vietnam Tuntut Federasi Agar Di Skors

Para suporter Vietnam kini ramai membela timnas mereka karena dugaan main mata dengan Thailand di ajang Piala AFF U19 2022. Bahkan suporter tersebut menuntut AFC dan AFF agar bersikap tegas dengan Indonesia.

Pertandingan terakhir Grup A antara Thailand dan Vietnam agar bisa mendapat tiket ke babak semifinal menjadi sorotan utama fans Indonesia, tidak terkecuali pengurus PSSI.

Mereka dinilai kecewa saat menonton pertandingan tersebut. Pasalnya, banyak dugaan yang menunjukkan kesengajaan bermain aman dengan skor imbang 1-1 untuk mendapat tiket ke babak semifinal.

Pasalnya, hasil aman tersebut menjamin Thailand dan Vietnam ke babak semifinal lantaran regulasi kompetisi Piala AFF U19 2022 menggunakan head to head.

Akan tetapi, sebenarnya bukan itu kriteria lawas yang dipermasalahkan fans timnas Indonesia U19, melainkan permainan yang ditunjukkan oleh Thailand dan Vietnam. Dan atas dasar itulah PSSI akhirnya mengirim surat protes ke pihak AFF.

Baca Juga:  Beredar Video Alfeandra Dewangga Makan Nasi Padang Dengan Wanita, Vivi : Itu Bukan Saya!

Dugaan Main Mata

PSSI menyadari dan memahami bahwa regulasi Piala AFF U19 2022 yang membuat timnas Indonesia U19 gagal lolos ke babak semifinal. Walaupun mereka berhasil menang dengan skor besar 5-1 kala bersua Myanmar. Selain itu juga, catatan Indonesia jauh lebih mentereng daripada Thailand dan Vietnam dari segi selisih gol saat poin ketiga tim sama.

Baca Juga:  Momen Pemain Bali United Tarik Baju Septian Bagaskara

PSSI juga memahami kalau sebuah tim ingin lolos ke babak selanjutnya, maka wajib bergantung dengan tim sendiri dan bukan pada tim lawan.

“Tapi, PSSI melihat ketika pertandingan antara Vietnam dan Thailand ada hal yang tak berjalan semestinya,” ujar Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Pantaskah negara besar melakukan hal itu? Kami tak menuduh, namun kami hanya mempertanyakan,” tandasnya setelah memimpin rapat mengenai kasus tersebut yang diadakan di kantor PT LIB.

Vietnam sendiri akan berhadapan dengan Malaysia di Stadion Patriot, Bekasi, pada Rabu 13 Juli 2022. Selanjutnya disusul oleh pertandingan Thailand melawan Laos.

Baca Juga:  Bicara Peluang Klasemen Sementara Runner Up Terbaik Piala AFF U-16 2022, Vietnam Paling Atas

Suporter Vietnam Ingin Indonesia di Skor

Di sisi lain, suporter Vietnam meminta pada pihak manapun, termasuk fans Indonesia supaya tidak mengganggu persiapan sekaligus jalannya pertandingan.

Lewat Kolom di artikel VNExpress.net, para suporter Vietnam menuntut AFC dan AFF agar segera memberi sanksi pada Indonesia kalau pendukungnya tidak bisa memperlakukan Thailand dan Vietnam dengan benar sebagai tim tamu.

Menurut suporter tersebut, Indonesia yang berstatus tuan rumah harus bisa menjaga sekaligus melindungi seluruh tim saat pertandingan berjalan.

close