Jayden Houtriet, Pemain Jangkung Ingin Bela Timnas Indonesia

Jayden Houtriet, Pemain Jangkung Ingin Bela Timnas Indonesia
Jayden Houtriet, Pemain Jangkung Ingin Bela Timnas Indonesia

Kembali muncul pemain muda Belanda berdarah Indonesia yang secara terang-terangan siap membela tim nasional. Bermain untuk Vitesse Arnhem berpostur jangkung bernama Jayden Houtriet.

Keinginan untuk membela tim nasional diungkapkan saat melakukan wawancara bersama pemain Indonesia yang berkarier di Belanda, Yussa Nugraha.

Melalui sebuah video yang diunggah pada Channel YouTube pribadi pada Selasa (26/5/2020), Yussa Nugraha memperkenalkan siapa Jayden Houtriet itu.

Saat itu Jayden Houtriet masih berusia 18 tahun dan mengaku mengawali karier sepak bola sejak usianya masih 5 tahun bermain untuk klub amatir ESA Youth.

Tak butuh waktu lama bagi Jayden menunjukkan kualitasnya, bakat yang dimiliki membuat beberapa klub top Liga Belanda berminat meminang guna mendapatkan jasanya.

Hingga di usia 10 tahun, pilihan Jayden jatuh ke tangan Vitesse Anrhem sebagai tempat melanjutkan karier sepak bola dan berjalan selama 9 tahun saat mengaku ke Yussa saat itu.

BACA JUGA:  Komentar Pelatih Brunei Darussalam Setelah Dibungkam Tujuh Gol Timnas Indonesia U-19

“Saya mulai bermain sepak bola sejak usia 5 tahun. Waktu saya bermain di klub amatir ESA,” ucap Jayden Houtriet kepada Yussa Nugraha.

“Setelah 3 tahun, saya discout beberapa klub. Akhirnya saya memilih Vitesse Arnhem. Saya sudah 9 tahun di Vitesse Arnhem,” imbuhnya.

Meski memiliki tinggi hingga 189 cm, Jayden mengaku ek Yussa bahwa ia berposisi sebagai striker dan juga bisa bermain di posisi gelandang bertahan.

“Gelandang bertahan, tapi sebelumnya saya adalah penyerang. Beberapa musim ini saya bermain sebagai gelandang bertahan,” ujar Jayden Houtriet.

“Saya pikir itu terjadi secara otomatis. Karena dari striker aku digantikan untuk bermain di nomor 10. Dari situ saya dimainkan di banyak posisi lain,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Nattakit Butsing, Mesin Gol Thailand Ancaman Besar Untuk Timnas Indonesia U19

Keturunan Indonesia yang ada di dalam darah Jayden berasal dari orang tua sang ibu, yang tak lain adalah kakek-neneknya yang lahir di Indonesia.

Menurut Jayden, sang kakek berasal dari Jakarta dan neneknya berasal dari Manado, ia juga mengaku belum pernah mengunjungi Indonesia sebelumnya.

“Mama saya berasal dari Indonesia. Mamaku nggak lahir dari Indonesia, tapi orang tua mamaku (Opa dan Oma) lahir di Indonesia.” kata Jayden.

“Opaku dari Jakarta dan Omaku dari Manado. Saya belum pernah ke Indonesia. Mungkin tempat pertama yang ingin saya kunjungi adalah asal opa dan omaku yakni Jakarta dan Manado,” imbuhya.

Keinginan membela tim nasional Indonesia disebut Jayden mengalir dalam darahnya, hal itu akan dilakukan jika karier sepak bolanya di Belanda tak ada kemajuan.

BACA JUGA:  Merasa Kecewa di Piala Presiden, Kapten Persib Bandung Akan Lampiaskan di Liga 1

Kemungkinan bermain timnas Indonesai akan selalu ada, meskipun menurut pengakuannya ia sama sekali tak pernah mengikuti bagaimana perkembangan sepak bola Indonesia.

“Misal kalau karier bolaku di Belanda nggak meningkat, maka aku ingin bermain di Indonesia. Saya nggak ngikutin sepak bola di Indonesia (jadi tidak tahu klub mana yang saya ingin bela).” imbuh Jayden.

Profil Singkat Jayden Houtriet

Nama Lengkap : Jayden Houtriet

Tempat dan Tanggal Lahir : Belanda, 27 Maret 2002

Posisi : Gelandang – Gelandang Bertahan

Kaki Terkuat : Kanan

Klub Saat Ini : Vitesse Anrhem U-21 (Gabung 1 Juli 2020)

Riwayat Klub Profesional

1 Juli 2011 – ESA Youth – Vit./AGOVV Jgd.

1 Juli 2018 – Vitesse Youth – Vitesse U-17

1 Juli 2019 – Vitesse U-1

close