Jadwal Kick Off Malam Tak Kunjung Ada Perubahan, Broadcaster Liga 1 Angkat Bicara

Jadwal Kick Off Malam Tak Kunjung Ada Perubahan, Broadcaster Liga 1 Angkat Bicara
Jadwal Kick Off Malam Tak Kunjung Ada Perubahan, Broadcaster Liga 1 Angkat Bicara

AISSEKIYA – Seperti yang diketahui, pertandingan Liga 1 yang berlangsung pada malam hari tengah menjadi perbincangan hangat pecinta sepak bola tanah air.

Tak sedikit klub-klub yang mengeluh soal jadwal pertandingan yang dimulai pada pukul 20:30 WIB.

Klub-klub yang mengeluh tersebut dengan mempertimbangkan recovery pemain dan juga keselamatan penonton yang datang langsung ke Stadion.

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB)  yang sebelumnya mendapat banyak keluhan persoalan jadwal bermain yang terlalu malam, menyatakan pertandingan tetap berlangsung sesuai jadwal.

Pertandingan malam bukan hanya untuk pertandingan pembukaan, bahkan pertandingan dengan jadwal malam hari akan sampai akhir musim nanti.

Beberapa tim besar seperti Persija Jakarta terhitung mendapat jadwal pertandingan paling banayak pukul 20:00 WIB . Tim macan kemayoran tersebut akan dijadwalkan bermain pada malam hari sebanyak 27 kali.

Baca Juga:  Momen Pemain Bali United Tarik Baju Septian Bagaskara

Selanjutnya tim Persib Bandung juga menjadi salah satu tim yang mendapat banyak jadwal pertandingan malam hari. Terhitung Persib Bandung bermain sebanyak 25 kali pada malam hari.

Terkait keluhan para tim tentang jadwal pertandingan, Direktur Programing Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad yang menauungi Emtek Group mengatakan kick of di mulai 20:30 merupakan hal yang wajar.

Broadcaster Sebutkan Tidak Langgar Aturan

Menurutnya, keputusan itu juga diambil melalui rapat dengan para stakeholder lainnya.

“Kalau menurut saya, dalam menayangkan pertandingan sepak bola ada namanya diskusi bersama antara broadcaster dengan penyelenggara yaitu LIB atau PSSI,” ungkap Harsiwi.

Baca Juga:  Bicara Peluang Klasemen Sementara Runner Up Terbaik Piala AFF U-16 2022, Vietnam Paling Atas

“Apa yang kami lakukan tak menyalahi aturan manapun, makanya LIB atau PSSI tidak mempermasalahkannya” tambahnya.

Menurut Harsiwi, semua keputusan yang diambil telah dipertimbangkan dengan baik oleh skatehoolder lainnya.

“Semua harus diskusi, karena industri sepak bola harus maju bersama. Sesekali menyesuaikan. Kami di TV juga harus menyesuaikan peraturan yang ada.  LIB dan PSSI juga harus bersama-sama” kata Harsiwi.

“Saya ambil contoh World Cup 2022 di Qatar kapan? Harusnya kan Juni, kenapa sekarang Desember? Karena pada Juni di Qatar itu panas, makanya diubah menjadi Desember. Seluruh sistem sepakbola dunia sekarang harus melakukan perombakan” tegasnya.

Baca Juga:  Eksklusif Oki Rengga, Cerita Tentang Dunia 'Dukun' Dan Mafia Sepakbola Indonesia

Harsiwi juga menilai, kick of pukul 20:30 bukanlah suatu masalah yang serius. Karena masih dalam tahap wajar dari kesehatan.

“Itu semua tak menyalai apa-apa, masih oke, secara kesehatan juga masih boleh, Jadi apa yang dilakukan LIB dan PSSI itu tidak apa-apa” katanya.

“Kecuali pas puasa bermain setelah berbuka. Nanti sakit perut, itu yang tidak boleh. Maka tentu  hal ini sudah didiskusikan antara pihak broadcaster yang memberi right untuk ke PSSI dan LIB” tambahnya.

close