Israel Berpotensi Main Piala Dunia U20 2023 di Bali

Piala Dunia U20 2023
Piala Dunia U20 2023

Israel kemungkinan akan berlaga di Bali pada ajang Piala Dunia U20 2023. Namun, keputusan itu nanti bakal kembali dibicarakan lebih lanjut.

Diketahui sebelumnya bahwa Isreal sendiri telah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U20 2023. Berita ini langsung meledak dan muncul penolakan keikutsertaan mereka di sosial media.

Sebagai tambahan informasi, Israel sebenarnya tidak memiliki hubungan diplomatik ke Indonesia. Sementara itu, pihak Indonesia sendiri menjamin semua keamanan bagi Israel selama berlaga di Piala Dunia U20 2023.

“Mereka [Israel] nantinya akan berada di grup Bali ataupun daerah lainnya. Nanti kami akan beritahukan,” ujar Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI.

Baca Juga:  Momen Haru Satu Stadion Menangis Nyanyikan Lagu Tanah Airku

“Akan tetapi kami telah menyampaikan ke Bapak Menpora [Zainudin Amali] beserta pihak kepolisian perihal Piala Dunia U20. Sudah dibicarakan beberapa waktu lalu dan tak ada masalah,” imbuhnya seperti dikutip kanal Youtube PSSI, Rabu 29 Juni 2022.

Yunus Nusi mengatakan bahwa publik harus dapat memisahkan antara politik dengan olahraga.

“Harapan kami adalah masyarakat Indonesia harus menyadari ini sepakbola, harus jauh-jauh dari politik. Kita tonton sebagai manusia.”

Baca Juga:  Bima Sakti: Myanmar Bukan Tim Remeh, Mereka Bisa Singkirkan Australia dan Malaysia

Piala Dunia U20 2023 akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang dan diadakan di 6 stadion. Diantaranya adalah Stadion Utama Gelora Bung Karo [Jakarta], Stadion Gelora Bung Tomo [Surabaya, Stadion Kapten I Wayan Dipta [Bali], Stadion Manahan [Solo], Stadion Jakabaring [Palembang], dan Stadion Si Jalak Harupat [Bandung].

Sementara itu, Yunus Nusi berkata jika federasi sepakbola dunia memiliki komitmen untuk tak ikut mengikutcampurkan olahraga dengan ras, suku, agama, atau politik.

“Tentunya sudah menjadi komitmen federasi sepakbola di dunia. Kita wajib menghindari SARA dan politik di sepakbola. Tidak terkecuali Israel yang lolo jadi satu dari sekian banyak peserta Piala Dunia U20 2023,” tandasnya.

Baca Juga:  Jadwal 'Baku Tumbuk' Witan Sulaeman vs Egy Maulana Di Liga Slovakia

Menpora Zainudin Amali, menyatakan keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20 2023 wajib diitermia sekalilus mendapat fasilitas terbaik.

“Ini adalah olahraga, sudah ada yang mengatur. Sepakbola ini sudah diatur FIFA. Sehingga tiap tim yang ingin menjadi tuan rumah wajib dimintai pengertiannya,” beber Zainudin.

close