India Berniat Gantikan Indonesia Andai Keluar dari AFF

India Berniat Gantikan Indonesia Andai Keluar dari AFF
India Berniat Gantikan Indonesia Andai Keluar dari AFF

Federasi Sepak Bola India (AIFF) mengungkapkan niatnya untuk bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menggantikan Indonesia ditengah rumor panas yang beredar.

Seperti diketahui, Indonesia santer dirumorkan akan keluar dari AFF untuk bergabung dengan federasi sepakbola Asia timur (EAFF).

Hal tersebut terjadi lantaran publik sepakbola tanah air merasa sering dicurangi AFF. Puncaknya adalah ketika timnas U-19 gagal lolis ke semifinal.

Thailand dan Vietnam yang diprediksi bermain mati-matian untuk lolos ke semifinal justru main santai seperti tak ada gairah salingmengalahkan.

India sendiri sudah lama berniat untuk bergabung dengan AFF ternyata sudah ada sejak tahun lalu. Namun pandemi Covid-19 mencegah langkah Skuad Blue Tigers hengkang dari Federasi Sepak Bola Asia Selatan (SAFF).

Baca Juga:  Comeback Dari Cidera, Saddil Ramdani Catatkan Assist Kunci Kemenangan Sabah FC

“Tujuan kami [pindah ke AFF] adalah agar tim nasional kami memiliki kompetisi pp,” kata Sekjen AIFF Kushal Das dalam wawancara dengan Times of India dikutip dari Soha.

Pihak AIFF mengungkapkan sudah membuka komunikasi awal dengan AFF soal rencana kepindahan federasi sub-regional. India berjanji bakal mengedepankan komitmen jika diterima AFF.

“Tanggapan AFF sangat positif, tetapi kami terjebak dalam situasi pandemi COVID-19. Begitu AFF menerima permintaan kami, maka kami akan menganggap serius turnamen ini,” kata Kushal Das.

Namun sampai saat ini, belum ada tindakan lebih lanjut dari India soal keinginan bergabung ke AFF selain berkomunikasi.

Baca Juga:  Pakai Kursi Roda, Kiper Vietnam Diprediksi Absen di Laga Final Lawan Timnas Indonesia

“Dengan mengundang India yang kekuatannya setara dengan Asia Tenggara akan membawa banyak kesegaran pada Piala AFF. Ini jelas hal mengesankan ketika menciptakan daya tarik yang lebih tinggi jika rencana India mencapai kenyataan,” ucap Kushal Das.

Wacana kepindahan India ke AFF menimbulkan spekulasi mereka bisa jadi pengganti Indonesia yang sempat dikabarkan ingin hengkang dari AFF untuk pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sebelumnya menjelaskan masih memantau perkembangan terhadap rencana PSSI angkat kaki dari AFF dan bergabung dengan EAFF.

Baca Juga:  Jadwal 'Baku Tumbuk' Witan Sulaeman vs Egy Maulana Di Liga Slovakia

“Keseriusan gabung EAFF? Kita lihat perkembangan. Bisa ya, bisa tidak,” kata Iriawan beberapa waktu lalu.

Iriawan menepis anggapan PSSI secara tegas ingin pindah dari AFF ke EAFF. Namun menurutnya hal tersebut masih berstatus kemungkinan karena keputusan federasi harus dikaji dengan matang.

“Kami harus mengkaji, menganalisa, tidak bisa secepat itu kami putuskan. Ini perkumpulan [negara] ASEAN, secara politis kami bersama-sama [mereka]. Tapi kami berterima kasih kepada netizen, suporter, dan penggemar Timnas,” ujar Iriawan.

close