Ingat Pesan Kakek, Sandy Wals Mantap Bela Timnas Indonesia

  • Bagikan
Sandy Walsh Buka Peluang Main di Liga Indonesia
Sandy Walsh Buka Peluang Main di Liga Indonesia

Pemain berdarah Indonesia-Belanda, Sandy Walsh mengaku yakin menjadi warga negara Indonesia karena ingat pesan sang kakeknya yang berasal dari Purworejo.

Dalam pesannya, sang kakek mengatakan bahwa Walsh tidak boleh melupakan tanah leluhurnya yakni Indonesia.

“Kakek saya selalu mengingatkan jangan pernah lupakan Indonesia, karena di sana sepak bolanya sangat keren, orang-orangnya juga baik. Itulah kenapa sekarang saya fokus dan memantapkan diri untuk gabung Timnas Indonesia,” ungkap Walsh dalam wawancaranya di kanal YouTube KR TV, Selasa (23/11/2021).

Dalam wawancara virtual tersebut, Sandy Walsh juga menegaskan bahwa dirinya telah mengurus proses naturalisasi sejak 2019 lalu. Dia pun tidak menampik akan siap untuk membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

BACA JUGA:  Ronaldo Kwateh, Asa Baru Striker Timnas Masa depan Indonesia

“Itu bukan rumor (soal naturalisasi) karena saya sudah mengurus dokumen sejak tiga tahun lalu ke PSSI,” tambahnya.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengajukan empat nama pemain keturunan untuk dinaturalisasi.

Sandy Walsh menjadi salah satundari keempat pemain yang diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Desember mendatang.

BACA JUGA:  Indra Sjafri Bantah 5 Pemain Muda Asal Brazil Diproyeksikan Untuk Tampil di Piala Dunia U-20 2021

Sebagai informasi, Sandy Walsh merupakan pemain keturunan Belgia-Indonesia. Ayahnya, Gary Walsh memiliki darah Belgia, sedangkan sang Ibu, Brigitta Portier merupakan merupakan campuran Indonesia-Belanda.

Sandy Walsh mengungkapkan bahwa kendala saat ini adalah proses paspor di FIFA. Saat ini dia mengaku tengah mengurus kembali paspornya guna kelancaran proses naturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia.

“Hal yang menyulitkan dalam proses naturalisasi mungkin karena proses ke FIFA, karena proses untuk mengajukan paspor yang cukup lama dan saya ingin lanjutkan mengurusnya sekarang,” tandasnya.

BACA JUGA:  Pilih Belanda, Jayden Oosterwolde Tolak Tawaran Bela Timnas U-19 Indonesia

Sebagai seorang bek, Walsh berhasil mengoleksi tiga gol dan satu assist dari 39 penampilannya bersama KV Mechelen di semua kompetisi musim 2021-2022. Sebelumnya, dia telah menyelami dunia sepak bola sejak usianya enam tahun.

Selain kegemilangan kariernya di klub, Walsh juga diketahui pernah membela Timnas Belanda sejak 2009 bersama skuad Belanda U-15. Terakhir kali Walsh bergabung dengan Timnas Belanda U-20 dan belum sampai kancah timnas senior Belanda

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close