Haruskah FIFA Turun Tangan? Menanggapi Protes PSSI Ke AFF Tak Kunjung Ada Kejelasan

Mochamad Iriawan, selaku Ketua Umum PSSI menyebut bahwa Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) belum memberikan tanggapan atas surat protes yang diajukan kepada mereka dengan dugaan adanya praktik sepakbola gajah pada ajang Piala AFF U-19 2022. Meski demikian, Ketum PSSI itu bakal menunggu sampai AFF memberikan tanggapan yang diajukan.

Laga yang mempertemukan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 yang digelar pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, diduga terdapat unsur ‘bergandeng tangan’  pada laga tersebut.

Baca Juga:  Antiklimaks, Kalah Dari Kroasia, Timnas Jepang Pilih Lakukan Membungkuk Maaf Ke Pendukung

Namun, supporter sepakbola Indonesia belum menemukan jawaban secara resmi dari AFF mengenai laga yang menjadi kontroversi tersebut.

PSSI sebenarnya juga menantikan niat baik dari AFF untuk memberikan tanggapan atas kelakuan Timnas Thailand U-19 dan Timnas Vietnam U-19 pada laga terakhir babak penyisihan Grup A itu.

“Sudah, kita tunggu saja, masih belum ada tanggapan. Saya sudah menyampaikan kepada Presiden AFF, Cuma bandannya kan lain, komisinya juga lain,” ujar Mochamad Iriawan kepada awak media yang juga dihadiri oleh Tim MNC Portal Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada hari Jumat (15/7/2022).

Baca Juga:  Demi Juara, Argentina Bertekad Pulangkan Belanda Dari Piala Dunia

“Memang tidak ada niat untuk memberikan penjelasan. Saya hanya melakukan protes kepantasan yang mereka (Timnas Thailand U-19 dan Timnas Vietnam U-19) saat bermain di lapangan,” lanjut Ketum PSSI itu.

Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 yang menjadi pusat perhatian warga sepak bola Indonesia justru redup. Dimana, mereka hanya mampu bersaing untuk memperebutkan juara tiga setelah ditumbangkan lawannya masing – masing pada babak semifinal Piala  AFF U-19 2022.

Baca Juga:  Jadi Ladang Pembantaian Brasil vs Korea, Stadion 947 Resmi Dibongkar

Perebutan juara ketiga itu berhasil diamankan oleh Timnas Vietnam. Pasukan The Golden Star berhasil menumbangkan Timnas Thailand U-19  lewat adu penalti dengan skor 5-3 setelah mendapatkan hasil imbang 1-1 pada waktu normal.

Apabila AFF belum memberikan tanggapannya terhadap protess yang diajukan PSSI, akankah FIFA akan resmi untuk turun tangan? Menarik untuk kita nantikan.

close