Gelar Pangeran Jordi Amat Usai Diakui Cucu Dari Raja Siau Sulawesi Utara

Pemain yang sempat menjadi sorotan publik, Jordi Amat menjadi lebih dekat dengan status Warga Negara Indonesia melalui proses naturalisasi.

Namanya yang kerap dibahas karena pilihannya bergabung dengan Johor Darul Ta’zim,  Jordi Amat menyampaikan melalui sosial media (instagram story) pribadinya bahwa dirinya telah resmi mendapat gelar pangeran, Jumat (1/7/2022).

Unggahan yang berisi surat tersebut, merupakan surat dari Dewa Kerajaan Kesultanan Adat Nusantara (DEKKAN) telah meresmikan Jordi Amat sebagai anggota terhormat.

Dari gelar tersebut, nama Jordi Amat menjadi Yang Mulia Pangeran jordi Amat Maas.

Jordi Amat mendapatkan gelar tersebut berdasarkan turunan atau generasi ketiga (cucu) dari Kerajaan Siau, Sulawesi Utara, yang dipimpin Raja M.D Kansil.

Baca Juga:  Sukses Libas Vietnam U-16, Iqbal Gwijangge: Terimakasih Seluruh Suporter Garuda

“Dengan demikian, perkumpulan Dewan Kerajaan Kesultanan Adat Nusantara (DEKKAN) memberi sambutan penghormatan kepada Jordi Amat Maas,” Isi surat unggahan tersebut.

“Menjadi bagian Keluarga Besar dari Dewan Kerajaan Kesultanan Adat Nusantara,”

Sejak menjadi perbincangan publik, Jordi Amat sudah mengakui bahwa ia merupakan keturunan raja dari Sulawesi utara, Kerajaan Siau.

Pernyataan tersebut diungkapkan pertama kali sejak bulan November 2021.

Baca Juga:  Azzaky Esa Erlangga, Penampilannya Yang Klop Bersama Timnas U-16 Diapresiasi Bima Sakti

“Lahir di Makassar, Nenek saya selalu memberikan saya dukungan terhadap karir sepak bola saya,” ungkap Jordi Amat dikutip BolaSport.com lewat wawancara dengan Marco Negeri via AS.

“Ibu dari nenek saya berasal dari Siau, dan ayahnya ibu saya yang biasa disebut moyang saya adalah M.D Kansil,”lanjutnya.

Perlu diketahui bahwa M.D Kansil merupakan kepanjangan dari Manalang Doelag Kansil, yang menjadi pemimpin Kerajaan Siau sejak 1895 sampai 1909.

Jordi Amat yang lebih mendarat ke Johor Darul Ta’zim masih menjadi pusat perhatian penggemar sepak bola Indonesia.

Baca Juga:  Puluhan Bobotoh Gelar Aksi Demo Usai Persib Bandung Dikalahkan Borneo FC

Dimana Jordi Amat memakai proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia untuk membela klub Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Pemain berusia 30 tahun tersebut  akhirnya memberikan penjelasan atas keputusannya.

“Saya memilih Johor dengan alasan usaha saya beradaptasi di Asia,” Unggahan Jordi di akun pribadinya.

“Karena berdekatan dengan Indonesia, serta saya juga akan melanjutkan kompetisi tertinggi di sepak bola Asia. Karena Johor Darul Ta’zim ikut bersaing di Asian Champions League,” imbuhnya.

close